Kriteria Penilaian Tes SNPMB 2023 Diungkap Kepala BSKAP, Simak Agar Bisa Lulus

calon mahasiswa baru harus serius memikirkan minat dan bakatnya.

JurnalGuru.id — Kepala BSKAP Kemendikbudristek Anindito Aditomo mengungkapkan kriteria penilaian tes pada Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023.

Dia pun memastikan kriteria ini akan banyak mendukung program Merdeka Belajar yang bertujuan membuat pembelajaran menjadi lebih mendalam, lebih menantang, dan lebih menyenangkan.

“Dan bagaimanapun kita tidak bisa memungkiri bahwa ujian itu memengaruhi bagaimana guru mengajar dan bagaimana siswa belajar. Dalam hal ini ujian masuk perguruan tinggi itu sangat memengaruhi bagaimana guru di tingkat SMA, SMK itu mengajar dan bagaimana siswa SMA SMK dan sederajat itu belajar,” kata Anindito saat Konferensi Pers Pembukaan Pelaksanaan SNPMB 2023 secara virtual, Selasa (10/1/2023).

Jangan Lewatkan
1 of 527

Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) menjelaskan, kriteria penilaian ini telah dirumuskan di dalam Permendikbud 48 tahun 2022. Pertama, jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi sekarang menghargai semua mata pelajaran.

“Ini pesan yang ingin kita sampaikan adalah adik-adik di SMA ini belajar untuk semua mata pelajaran, jadi tidak ada mata pelajaran yang diremehkan diabaikan lagi karena tidak diberi porsi di dalam seleksi masuk PTN-nya tapi juga ada penekanan pada mata pelajaran-mata pelajaran spesifik yang paling relevan untuk Prodi yang dituju,” jelas Anindito.

Anindito juga mengungkapkan agar calon mahasiswa baru harus serius memikirkan minat dan bakatnya.

“Dan kemudian mempelajari secara lebih mendalam, requirement, primer knowledge, pengetahuan spesifik yang diperlukan untuk Prodi yang mereka inginkan nantinya,” katanya.

Baca Juga  Pendaftaran Program Praktisi Mengajar Dibuka, Ini Manfaatnya Buat Mahasiswa

Kedua, kata Anindito, untuk jalur seleksi nasional yang berdasarkan tes sekarang tidak lagi mengukur penguasaan materi atau konten yang secara luas.

“Jadi yang kita pentingkan bukan hafalannya, ini sesuai dengan transformasi yang kita terapkan di Dasmen, pendidikan dasar dan menengah.”

“Kita secara bertahap menerapkan kurikulum baru, Kurikulum Merdeka yang kontennya lebih sedikit yang orientasinya adalah pada pengembangan kompetensi bernalar dan karakter secara utuh. Nah ini yang diukur dan di dalam seleksi masuk perguruan tinggi jalur tes, jalur berdasarkan tes,” tandasnya.

(Sumber: Sindonews.com)

Artikel ini telah tayang di Sindonews.com dengan judul “Kepala BSKAP Ungkap Kriteria Penilaian Tes SNPMB 2023, Simak Agar Bisa Lulus

Comments
Loading...