Tujuh Prodi UIN KHAS Jember Raih Reakreditasi Unggul, Ini Daftarnya

JurnalGuru.id- Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember meraih predikat Unggul untuk reakreditasi tujuh program studi.

Ada satu prodi terakreditasi unggul adalah Program Studi Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah) pada Fakultas Syariah. Enam prodi lainnya pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, terdiri atas: Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Tadris Bahasa Inggris (BI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

Rektor UIN KHAS Jember Hepni Zain mengapresiasi kerja keras jajarannya dalam mewujudkan salah satu dasa cita rektor, yakni akreditasi unggul. Apresiasi juga diberikan oleh Rektor kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi selama proses akreditasi.

Jangan Lewatkan
1 of 138

“Alhamdulillah, tujuh prodi kita raih dengan predikat akreditasi Unggul, setidaknya dalam lima bulan terakhir ini. Semua ini tidak bisa terwujud tanpa kerja keras dan kerja cerdas semua pihak, wa bil khusus tim kerja FTIK dan Fakultas Syariah. Sungguh ini adalah kado istimewa dan nikmat teramat besar yang Allah berikan kepada UIN KHAS Jember yang tengah berjuang mewujudkan amanah dari Kementerian Agama RI. Atas karunia dan nikmat ini kita semua wajib mensyukuri,” ungkap Rektor UIN KHAS Jember Hepni Zain, Kamis (21/3/2024) di Jember seperti dilansir laman kemenag.go.id.

Rektor UIN KHAS Jember Hepni Zain juga berharap agar segenap pejabat di lingkungan UIN KHAS Jember terus menjaga komitmen dan konsistensinya dalam mewujudkan dasa cita rektor salah satunya akreditasi Unggul.
“Postur anggaran dan desain program kerja harus diorientasikan dan sekaligus berdampak positif bagi pencapaian akreditasi Unggul. Jangan sampai penganggaran program kegiatan tidak ada korelasinya dengan cita-cita akreditasi Unggul,” ungkap Rektor UIN KHAS Jember yang merupakan Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan Islam.

Baca Juga  Kemenag Mendirikan Widyalaya, Sejenis Madrasah Berciri Khas Keagamaan Hindu

Tidak Instan

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, M. Khusna Amal menegaskan keberhasilan tujuh prodi dalam menaikkan level status akreditasinya menjadi Unggul, tidaklah dicapai dengan instan. Keberhasilan ini melibatkan proses panjang mulai dari penyiapan borang akreditasi sampai pelaksanaan Asesemen Lapangan (AL).

Guru Besar bidang Sosiologi Agama ini berharap prestasi yang sudah berhasil ditorehkan oleh ketujuh prodi tersebut, dapat menjadi virus positif dalam memicu dan memacu semangat prodi-prodi lainnya di tingkat S1, S2 dan S3 untuk segera terakreditasi Unggul.

Penetapan prodi unggul pada 5 prodi di FTIK dan 1 prodi di Fakultas Syariah oleh BAN-PT, menambah jumlah prodi Unggul di UIN KHAS Jember. Sebelumnya, predikat akreditasi unggul diraih oleh 3 prodi yang semuanya ada di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH), yaitu Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Prodi Ilmu Hadis (ILHA) dan Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI). (*).

Sumber: Kemenag

Comments
Loading...