Cermati Tata Cara Penerimaan Mahasiswa Baru UI di IIETE 2024

Hari terakhir Indonesia International Education and Training Expo pada Minggu, 25 Februari 2024

JurnalGuru.Id – Universitas Indonesia (UI) kembali berpartisipasi untuk ke-20 kalinya pada pameran pendidikan bertaraf internasional yaitu Indonesia International Education and Training Expo (IIETE) 2024.

Medcom.Id melaporkan, selama 4 hari berturut-turut pada 22-25 Februari 2024, UI menghadirkan seluruh Fakultas, Sekolah dan Program Pendidikan Vokasi di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC).

IIETE 2024 adalah pameran pendidikan tinggi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang diadakan sejak tahun 1992.

Jangan Lewatkan
1 of 631

Pameran Pendidikan ini diikuti oleh perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan mancanegara dimana setiap tahunnya sekitar 25.000 pengunjung hadir selama 4 hari pelaksanaan pameran.

Bagi masyarakat umum terutama siswa SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, stan UI menyediakan informasi dari jenjang pendidikan Vokasi hingga Pascasarjana dan Doktoral.

Ajang seperti ini dipergunakan oleh UI untuk menyosialisasikan informasi terbaru mengenai program pendidikan, jalur masuk, informasi beasiswa serta hal-hal yang terkait dengan kehidupan kampus.

UI terus berupaya mengoptimalkan penyebarluasan informasi baik secara langsung atau tatap muka maupun berbagai platform media sosial untuk menjangkau pemerataan informasi tentang UI kepada siswa, guru, dan orang tua di Indonesia.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Amelita Lusia mengatakan, Kehadiran UI pada pameran berskala internasional di Jakarta ini sebagai langkah mempertemukan UI dan mereka yang tertarik melanjutkan kuliah di UI.

Perwakilan dari fakultas-fakultas akan hadir dan menjelaskan mulai dari sistem penerimaan, jurusan-jurusan yang ada di UI, hingga biaya kuliah.

Stan UI juga akan memberikan informasi tentang program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbudristek.

Baca Juga  Ini Skor Nilai UTBK UI untuk Bisa Lolos SNBT 2023, Calon Mahasiswa Wajib Tahu

Di antaranya, Micro Credential, Student Exchange, Internship, Teaching Assistance, Research, Humanity Projects, Entrepreneurship Activities, Independent Study, Village Development.

UI juga memiliki program Pre-University yaitu program yang diperuntukan bagi siswa/i SMA/SMK/gapyear yang ingin melanjutkan ke jenjang Sarjana dengan mengikuti kegiatan perkuliahan secara online.

“Begitu diterima sebagai mahasiswa UI, siswa akan memperoleh pengakuan mikro-kredensial melalui sistem credit-earning/ satuan kredit semester (SKS), untuk selanjutnya menyelesaikan sisa SKS studinya,” kata Amelita seperti dikutip Medcom.Id.

Melalui program-program yang disajikan, UI turut mendukung calon mahasiswa baru dalam menemukan jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan potensi diri untuk membangun karier.

Upaya ini dilakukan sebagai upaya UI meningkatkan transformasi pendidikan di Indonesia dengan memberikan kesempatan lebih luas dan beragam kepada generasi di masa depan untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan.

Selain itu, dengan adanya penambahan daya tampung di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, diharapkan pameran pendidikan ini tidak hanya menjadi platform untuk menyebarkan informasi yang bermanfaat.

Pameran ini juga menjadi sumber motivasi bagi calon mahasiswa baru untuk mengejar pendidikan tinggi. Kami berkomitmen mendorong potensi mereka untuk berkembang dalam meraih kesuksesan akademik dan profesional.

Sumber: Medcom.Id
Tautan: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/4baa1J0b-temukan-info-terkini-penerimaan-mahasiswa-baru-ui-di-iiete-2024

Comments
Loading...