Naik Jadi Rp1,8 Juta Beasiswa Program Indonesia Pintar Kemenag 2024 untuk Siswa Madrasah Aliyah

Penyaluran PIP dilakukan oleh Kantor Kemenag Provinsi, kabupaten/kota, dan satuan pendidikan madrasah

JurnalGuru.Id – Kementerian Agama (Kemenag) memastikan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) 2024 bagi siswa madrasah jenjang pendidikan dasar dan menengah segera cair.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani, mengatakan PIP merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu agar mereka tetap bersekolah.

“Jangan sampai ada siswa tidak bisa melanjutkan pendidikan kesarjanaan yang bermutu hanya gara-gara keterbatasan ekonomi. Pemerintah menyediakan beasiswa bagi anak-anak Indonesia, salah satunya melalui Kementerian Agama,” ujarnya seperti dilansir Antara, pada Rabu (14/2/2024).

Jangan Lewatkan
1 of 631

Kemenag telah menyiapkan anggaran untuk PIP Madrasah sebesar Rp1.302.009.650.000. Jumlah ini terdiri atas Rp422 miliar untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Rp558 miliar untuk siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Rp320 miliar untuk siswa Madrasah Aliyah (MA).

Muhammad Sidik Sisidiyanto Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemanag menjelaskan anggaran tersebut akan dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama dicairkan pada minggu kedua Februari 2024 sebesar Rp900 miliar.

“Alhamdulillah, tahun ini untuk pertama kalinya PIP Madrasah secara nominal mengalami kenaikan untuk jenjang Madrasah Aliyah, yang semula hanya Rp1 juta per siswa saat ini menjadi Rp1,8 juta per siswa,” jelasnya.

Menurut dia, Kemenag akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain terkait penambahan anggaran, sehingga mampu mengakomodir seluruh peserta didik madrasah yang telah memenuhi persyaratan sebagaimana diatur di dalam ketentuan yang berlaku.

Untuk proses penyaluran PIP, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag provinsi, kabupaten/kota, dan satuan pendidikan madrasah, diminta berkoordinasi dengan pihak bank penyalur.

Baca Juga  Buruan Daftar, Program Gelar Beasiswa Indonesia Bangkit Diperpanjang hingga 10 Juli 2023

Selain itu, Sinergi bertujuan untuk memberikan asistensi dan juga akses yang mudah dan efisien kepada seluruh peserta didik terkait dengan pencairan anggaran PIP.

“Sinergi diperlukan untuk memastikan anggaran yang sudah masuk di rekening bisa segera ditarik oleh peserta didik yang bersangkutan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk menunjang aktivitas belajar di madrasah,” tandasnya.

Sumber: Antara

Comments
Loading...