Guru Honorer Tersisih oleh Tenaga Teknis untuk Kuota PPPK 2024

Formasi tenaga teknis PPPK 2024 ini memberikan peluang besar bagi honorer tenaga teknis untuk menjadi ASN

JurnalGuru.Id – Pemerintah telah mengumumkan jumlah formasi CPNS 2024 dan PPPK 2024 sebanyak 2,3 juta. Namun, dari jumlah tersebut, ternyata formasi tenaga teknis PPPK 2024 mendapat jatah terbanyak, bahkan empat kali lipat dari formasi guru honorer.

Laman bungko.desa.id mengabarkan bahwa hal ini terlihat dari beberapa usulan formasi yang disampaikan oleh pemda ke pemerintah pusat.

Misalnya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengusulkan 800 formasi PPPK 2024, yang terdiri dari 600 formasi tenaga teknis, 150 formasi guru, dan 50 formasi tenaga kesehatan.

Jangan Lewatkan
1 of 526

Begitu juga dengan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, yang mengusulkan 2.865 formasi PPPK 2024, yang terdiri dari 1.562 formasi tenaga teknis, 1.126 formasi guru, dan 177 formasi tenaga kesehatan.

Formasi tenaga teknis PPPK 2024 ini memberikan peluang besar bagi honorer tenaga teknis untuk menjadi ASN. Namun, hal ini juga menimbulkan pertanyaan tentang nasib guru honorer yang jumlahnya jauh lebih banyak dari tenaga teknis.

Menurut Kemendikbudristek, seluruh honorer akan mendapatkan NIP PPPK, namun dengan syarat harus lulus tes kompetensi dan memiliki sertifikat pendidik.

Kemendikbudristek juga mengatakan bahwa formasi PPPK 2024 condong ke P1 dan P2, sedangkan guru P3 masih harus menunggu kebijakan lebih lanjut.

Formasi PPPK 2024 ini diharapkan dapat mengatasi kekurangan pegawai di berbagai bidang, termasuk pendidikan, kesehatan, dan teknis. Namun, pemerintah juga harus memperhatikan kesejahteraan dan kualitas honorer yang sudah mengabdi selama bertahun-tahun. ***

Baca Juga  Heboh Pemecatan Guru Honorer di Bima, Kepala Sekolah Angkat Bicara

Sumber: Bungko.Desa.Id

Comments
Loading...