300 Siswa Madrasah Ikuti Olimpiade Tingkat Pulau Jawa

JurnalGuru.id- Sebanyak 300 siswa madrasah dari berbagai daerah di Pulau Jawa mengikuti lomba secara luring di Pesantren Al Hikmah Dua, Brebes, Jawa Tengah.

Lomba yang diberi nama Olimpiade Malhikdua (Omada) tingkat Pulau Jawa merupakan ajang tahunan yang digelar Madrasah Aliyah (MA) Al Hikmah 2 Brebes. Tahun ini merupakan kali kesembilan Omada, digelar Sabtu (3/2/2024).

Ada lima bidang lomba dalam Omada IX, yaitu: Matematika, IPA, IPS, B. Inggris dan B.Arab Nahwu Shorof.
MTs N 1 Kebumen tampil sebagai Juara Umum karena membawa pulang Juara 1 pada bidang IPA, IPS, dan B. Arab Nahwu Shorof. Madrasah ini juga meraih Juara 3 pada bidang B. Inggris dan IPA.

Jangan Lewatkan
1 of 138

Ketua Majelis Pengasuh Al Hikmah 2 KH. Sholahudin menegaskan, sangat diperlukan tokoh-tokoh ahli sains dan ilmuwan yang lahir dari kalangan umat Islam, khususnya pesantren. Mereka disiapkan sebagai penerus cendekiawan muslim handal dalam bidang sains.

“Perlu muncul dan lahir sosok Ibnu Sina-Ibnu Sina dari kalangan umat Islam agar tidak kalah bersaing dengan negara-negara barat, khususnya di bidang sains dan terknologi,” ujarnya Kiai Sholah, panggilan akrabnya, seperti dilansir laman kemenag.go.id.

Hal senada disampaikan Kepala MA Al Hikmah 2, Ahmad Sulkhi Aziz. Dia berharap Omada IX dapat menggugah semangat para peserta didik SMP/MTs dalam mengekplorasi pengetahuan demi mewujudkan impian melahirkan generasi handal menuju Indonesia Emas.

“Omada IX mengangkat tema Eksplorasi Pengetahuan, Wujudkan Impian sebagai upaya dan usaha melahirkan generasi handal demi mewujudkan Indonesia Emas. Ini sesuai impian kita bersama pada tahun 2045 kelak,” ujar Sulkhi Aziz.

Baca Juga  Menag Rilis Program Cambridge dan Amtsilati Madrasah di MAN IC Batam

Selain kompetisi sains, Omada IX dineriahkan dengan Bazar Kuliner Kekinian, Gelar Karya dan Produk Siswa MA Al Hikmah 2, dan Pentas Seni. Ribuan peserta hadir, memadati tempat area perlombaan dan Bazar. (*).

Sumber:Kemenag

Comments
Loading...