Kartu Indonesia Pintar Kuliah Dibuka, Cermati Kriteria Siswa Penerima

Cek melalui aplikasi Cek Bansos apakah terdaftar di DTKS sebagai syarat penerima bantuan kuliah

JurnalGuru.Id – Kabar gembira bagi calon mahasiswa baru di seluruh Indonesia, sebab pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2024 akan segera.

Calon mahasiswa baru diharapkan untuk mempersiapkan diri dan persyaratan pendaftaran KIP Kuliah 2024 sekarang juga.

Lantas, apa saja kriteria siswa penerima KIP Kuliah 2024? Siswa penerima KIP Kuliah 2024 adalah siswa yang mempunyai potensi akademik yang baik namun memiliki keterbatasan secara ekonomi.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Kriteria siswa penerima KIP Kuliah 2024 yaitu siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial RI.

Cara mengetahui apakah siswa terdaftar di DTKS ataupun tidak dapat dicek secara online melalui aplikasi Cek Bansos.

Siswa pendaftar KIP Kuliah 2024 juga dapat mengetahui informasi DTKS dari kelurahan ataupun desa setempat.

Kriteria siswa penerima KIP Kuliah 2024 yaitu mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

KKS dan KIP menjadi kepemilikan program bantuan pendidikan nasional yang diberikan oleh pemerintah. Siswa yang memiliki KKS dan KIP masuk ke dalam kategori prioritas penerima KIP Kuliah 2024.

Kriteria siswa penerima KIP Kuliah 2024 yaitu berasal dari keluarga penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH). Program PKH merupakan bantuan sosial yang disalurkan oleh Kementerian Sosial.

Siswa yang merupakan penerima manfaat program PKH memiliki peluang yang besar untuk mengikuti pendaftaran KIP Kuliah 2024.

Namun perlu diketahui, kriteria siswa penerima KIP Kuliah 2024 tersebut tidaklah wajib, karena persyaratan utama untuk mengikuti pendaftaran KIP Kuliah 2024 yaitu siswa yang punya potensi akademik baik namun kurang mampu secara ekonomi.

Baca Juga  Yuk! Cegah Perundungan dan Kekerasan Seksual

Dengan demikian, siswa yang belum terdaftar di DTKS Kemensos RI, ataupun tidak memiliki KIP dan KKS tetap berkesempatan untuk mengikuti pendaftaran KIP Kuliah 2024.

Siswa dapat melampirkan dokumen atau bukti sah lain yang dapat memperkuat persyaratan seperti Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau informasi pendapatan kotor gabungan orang tua maksimal Rp4 juta.

Atau, pendapatan kotor gabungan orang tua dibagi dengan jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750 ribu.

Informasi terkait jadwal pendaftaran KIP Kuliah 2024 hingga kini masih belum diinformasikan oleh Puslapdik Kemdikbudristek.

Namun, calon mahasiswa baru dapat mengetahui informasi pendaftaran melalui website resmi Puslapdik Kemdikbudristek di https://puslapdik.kemdikbud.go.id/.

Sebelum pendaftaran KIP Kuliah 2024 dibuka, siapkan diri dan persyaratan sekarang juga dan ikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 dengan baik!

 

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

  1. Lulus atau akan lulus dari SMA atau sederajat pada tahun yang berjalan atau maksimal 2 tahun sebelumnya.
  2. Memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang valid.
  3. Memiliki potensi akademik baik dengan keterbatasan ekonomi yang dapat dibuktikan dengan dokumen yang sah.
  4. Memiliki Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  5. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada program studi dengan Akreditasi A atau B. Prodi dengan Akreditasi C juga bisa dengan pertimbangan tertentu.
  6. Kriteria lainnya termasuk siswa difabel, berasal atau tinggal di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) seperti Papua dan Papua Barat, serta dalam kondisi khusus karena bencana atau faktor lain.

    Sumber: Dari berbagai sumber

Comments
Loading...