Yuk Berkunjung Mumpung Akhir Pekan, Ada Lima Museum Sains

Mengunjungi museum akan menambah wawasan bagi para pelajar

JurnalGuru.Id – Hari Minggu atau hari libur lainnya bisa dimanfaatkan pergi ke museum. Terlebih pada 12 Oktober lalu diperingati Hari Museum Nasional.

Para siswa bisa mendatangi museum yang ada di kotamu. Tak sekadar jalan-jalan, mengunjungi museum juga bisa menambah wawasan.

Kompas.Com melaporkan bahwa bagi siswa yang suka dengan bidang sains, ada museum yang cocok untuk dikunjungi.

Jangan Lewatkan
1 of 573

Laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membagikan rekomendasi museum bertemakan sains yang bisa dikunjungi para siswa.

 

1. Museum Zoologi Frater Vianney
Museum ini berada di Kota Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan bentuk penghormatan terhadap Frater Maria Vianney, seorang biarawan Belanda yang memiliki dedikasi tinggi dalam bidang zoologi.

Museum ini memiliki koleksi yang mencakup 80 famili moluska di Indonesia. Koleksi yang ditampilkan merupakan spesimen penelitian, hewan peliharaan museum, dan perawatan hewan.

 

2. Museum Penerangan
Museum Penerangan merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Museum ini terletak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Museum ini diresmikan pada 20 April 1993 oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia Soeharto atas prakarsa Ibu Tien Soeharto kepada Harmoko selaku Menteri Penerangan Republik Indonesia saat itu.

Museum Penerangan memiliki sekitar 450 koleksi alat-alat komunikasi yang pernah hadir di kehidupan masyarakat Indonesia.

 

3. Museum Geologi
Bagi siswa yang tertarik pada bidang Geologi, maka museum ini wajib dikunjungi. Museum ini berada di Kota Bandung.

Baca Juga  Yuk Kunjungi Museum, Generasi Muda Bisa Belajar Pengetahuan dan Teknologi

Museum Geologi berdiri sejak masa pendudukan Jepang. Setelah Indonesia merdeka, pengelolaannya beralih di bawah Pusat Jawatan Tambang dan Geologi.

Pada 23 Agustus 2000 museum ini dibuka untuk umum. Museum Geologi kemudian menjadi Unit Pelaksana Teknis Museum Geologi di bawah Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Nomor 12 Tahun 2013.

Museum Geologi memiliki koleksi yang berkaitan dengan geologi, seperti fosil vertebrata, fosil invertebrata, batuan, mineral, dan lain sebagainya.

 

4. Museum Zoologi Bogor
Tahun 1894 menjadi tanggal berdirinya Museum Zoologi Bogor, berkat gagasan brilian dari JC Koningsberger.

Koleksi fauna yang dimiliki museum ini merupakan representasi keanekaragaman hayati di Indonesia.
Sebagian koleksinya juga ada yang diambil dari luar negeri.

 

5. Museum Tanah dan Pertanian
Museum Tanah sudah berdiri sejak 29 September 1988. Museum ini menempati sebuah gedung bersejarah zaman pemerintahan Belanda di Kota Bogor.

Museum ini sempat mengalami penutupan, Kementerian Pertanian memutuskan untuk merenovasi dan membuka kembali museum tersebut pada Hari Tanah Dunia pada 5 Desember 2017 dan meresmikannya pada 22 April 2019.

Saat berkunjung ke museum ini, siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah pertanian

di Indonesia, namun juga pengetahuan mengenai komoditas-komoditas pertanian, dan alat-alat pertanian.
Demikian 5 museum bertema sains yang bisa dikunjungi para siswa saat mengisi hari libur sekolah. Dengan berkunjung ke museum bisa menjadi sumber pembelajaran dan menambah pengetahuan para siswa.

Sumber: Kompas.Com
Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2023/10/15/084700671/intip-5-museum-dengan-tema-sains-di-indonesia.

Comments
Loading...