Ayo Kuliah Lagi, Tersedia Kelas Karyawan Dengan Berbagai Kemudahan

Kurikulum Kelas Karyawan tidak boleh dibedakan dengan Kelas Reguler

JurnalGuru.Id – Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tidak lagi menjadi perkara yang sulit, baki karyawan sekalipun. Beberapa perguruan tinggi menyediakan Kelas Karyawan atau kelas khusus untuk karyawan, selain Kelas Reguler, tentu saja.

Lantas apa perbedaan Kelas Karyawan dan Kelas Reguler? Berikut laporan Kompas.Com yang menyadur laman Universitas Esa Unggul, Sabtu (30/9/2023).

Pembeda utama antara Kelas Karyawan dengan Kelas Reguler adalah pada hari dan waktu kuliahnya.

Jangan Lewatkan
1 of 631

Sesuai dengan peruntukannya, Kelas Karyawan memang digunakan oleh para pekerja untuk melanjutkan pendidikan. Hari dan waktu Kelas Karyawan dilaksanakan di luar jam kerja para karyawan sehingga kelas karyawan tidak mengganggu pekerjaan.

Sedangkan Kelas Reguler merupakan perkuliahan biasa yang diadakan pada pagi, siang hingga sore. Kelas Reguler biasanya diikuti oleh siswa lulusan SMA/SMK atau siswa gap year.

Secara kualitas tidak ada beda antara Kelas Karyawan dengan Kelas Reguler karena kurikulum dan tenaga pengajarnya sama.

Ada beberapa kelebihan kelas karyawan dibanding dengan kelas reguler sbb:

  1. Cukup hanya sehari ke kampus sehingga lebih menghemat biaya transportasi
  2. Biaya kuliah bisa dicicil bulanan, biasanya kampus memberikan fasilitas cicilan biaya kuliah per bulan sehingga lebih meringankan para mahasiswa dalam membayar biaya kuliah
  3. Ada beberapa mata kuliah diselenggarakan secara online sehingga lebih memudahkan mahasiswa untuk tidak perlu datang ke kampus untuk kuliah
  4. Tidak ada batasan umur mahasiswa. Berapa pun umur mahasiswa dibolehkan untuk kuliah
  5. Dapat berinteraksi dengan teman kuliah dari berbagai profesi sehingga dapat menambah wawasan
  6. Materi kuliah bisanya disesuaikan dengan dunia kerja sehingga mudah dipahami oleh mahasiswa

 

Kurikulum Kelas Karyawan
Perguruan tinggi tidak boleh membedakan kurikulum suatu program. Artinya, kurikulum yang diterapkan pada Kelas Karyawan sama dengan Kelas Reguler. Termasuk tenaga pengajarnya (dosen) juga sama.

Terkait masa studi, mahasiswa Kelas Karyawan biasanya sama saja dengan kelas reguler untuk lulusan SLTA yaitu 8 semester dalam 4 tahun dan maksimum 14 semester atau 7 tahun.

Untuk lulusan Diploma 3 yang melanjutkan ke S1 bisa diselesaikan dalam 3 semester dalam 1,5 tahun jika program studi D3 dan S1 sama.

Jika program studi D3 dan S1 berbeda maka lulus lebih lama bisa 4 semester atau 2 tahun, tergantung kebijakan dari perguruan tinggi masing-masing.

Demikian perbedaan Kelas Karyawan dan Kelas Reguler yang perlu diketahui mahasiswa. Ada keuntungan tersendiri pada Kelas Karyawan.

Para pekerja yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, ada kesempatan menggunakan program Kelas Karyawan yang terdapat di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

Sumber: Kompas.Com
Tautan: https://edukasi.kompas.com/read/2023/10/01/075312871/perbedaan-dan-kelebihan-kelas-karyawan-dengan-reguler.

Comments
Loading...