Keren, Sudah 760.000 Mahasiswa Telah Rasakan Program MBKM

program Kampus Merdeka juga terbukti menghasilkan dampak ekonomi, sosial, dan kelembagaan

JurnalGuru.id – Sebanyak 760.000 mahasiswa mulai merasakan dampak positif dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sejak 2020.

Tidak hanya secara akademik, berbagai program unggulan atau program flagship juga memberikan dampak secara sosial dan ekonomi bagi para pesertanya.

Ketua Pelaksana Pusat Kampus Merdeka (PPKM), Gugup Kismono mengatakan, berdasarkan survei yang dilakukan terhadap para alumni program flagship MBKM menunjukkan mahasiswa mengalami peningkatan kompetensi, mulai dari kompetensi terkait manajemen diri, komunikasi interpersonal, kepemimpinan, hingga kepercayaan diri.

Jangan Lewatkan
1 of 94

“Di samping itu, program Kampus Merdeka juga terbukti menghasilkan dampak ekonomi, sosial, dan kelembagaan,” kata dia dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud, Senin (28/8/2023).

Hal tersebut, kata dia, menghadirkan optimisme akan keberlanjutan terhadap kebijakan MBKM sebagai upaya sinergis untuk mentransformasi penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia serta menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

Gugup menyatakan, manfaat berbagai program dalam MBKM tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa dan kampus saja, tetapi juga para mitra industri yang terlibat dalam setiap program-program dalam MBKM.

“Mitra untuk program magang, misalnya, membuka lowongan yang semakin banyak karena mereka menilai bahwa ada manfaat yang signifikan yang diperoleh saat mahasiswa magang. Mahasiswa pun tentunya mendapatkan manfaat yang luar biasa,” jelas dia.

Oleh karena itu, Gugup berharap,MBKM diharapkan bukan hanya berhenti pada program, tetapi menjadi gerakan yang dapat diakselerasi dan disebarluaskan hingga menjadi sebuah budaya pembelajaran yang lebih inovatif.

Wakil Ketua III Pelaksana Program, Amirmahmud Saatari menyampaikan berbagai capaian dan dampak implementasi MBKM, khususnya terkait dengan enam program flagship yang diselenggarakan Kemendikbud Ristek.

Keenam program itu adalah:

1. Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

2. Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

3. Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

4. Kampus Mengajar.

5. Praktisi Mengajar.

6. Wirausaha Merdeka.

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sejak 2020, 760.000 Mahasiswa Telah Rasakan Program MBKM

Comments
Loading...