Ternyata Jurusan Teknik Industri Banyak Diminati Calon Mahasiswa, Ini Alasannya

Jurusan yang menggabungkan ilmu teknik dan manajemen ini dipandang keren dan bergengsi di banyak universitas dunia

JurnalGuru.id – Jurusan Teknik Industri menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati di berbagai perguruan tinggi.

Jurusan yang menggabungkan ilmu teknik dan manajemen ini dipandang keren dan bergengsi di banyak universitas dunia, karena memang diperuntukkan bagi optimalisasi dan efisiensi industrasi.

Teknik Industri memadukan ilmu sosial dan sains, serta terdiri dari beberapa materi jurusan teknik lainnya. Misalnya, pelajaran elektronika, teknologi mesin, metode produksi, dan dasar-dasar pemrograman.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Maka dari itu, jurusan ini memiliki ruang lingkup yang kompleks dengan merangkum tiga kategori, yaitu sistem manufaktur, manajemen industri, serta sistem industri dan tekno ekonomi.

Lantas apa yang menjadikan jurusan ini memiliki daya tarik yang besar bagi calon mahasiswa?

Berikut 5 alasan Jurusan Teknik Industri diminati calon mahasiswa, seperti dilansir dari laman binus.ac.id, Jumat (25/8/2023).

1. Bidang keilmuan yang luas

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, cabang Ilmu Teknik Industri sangat luas. Tidak hanya berhubungan dengan bidang ilmu alam, tetapi juga mencakup ranah ilmu sosial.

Bahkan, terdapat beberapa topik yang mungkin dianggap kurang umum di antara mahasiswa teknik lainnya, seperti bidang psikologi, ekonomi, dan manajemen.

Hal ini menjadi nilai tambah, karena mahasiswa tidak hanya berkutat pada konsep fisika dan matematika yang akan diajarkan.

Namun juga memperkenalkan materi yang krusial dalam konteks dinamika sosial dalam industri.

Ini termasuk materi yang terkait dengan pengelolaan finansial, sumber daya manusia (SDM), dan lingkungan.

Dengan rentang luasnya cakupan ilmu ini, para mahasiswa memiliki peluang untuk mengembangkan berbagai kompetensi dan keterampilan yang akan membekali mereka dalam memulai karier setelah menyelesaikan studi.

Baca Juga  Ternyata Ini Penyebab Lulusan Sarjana Jadi Pengangguran

2. Menawarkan banyak keahlian

Secara keseluruhan, ruang lingkup ilmu teknik industri dapat dibagi menjadi tiga bagian utama, yakni Proses Manufaktur, Pengelolaan Industri, dan Sistem Industri & Ekonomi Teknologi. Setiap bagian ini memiliki karakteristik dan tujuan yang berbeda.

Namun, sangat disarankan untuk memilih fokus pada salah satu dari ketiga bidang ini agar dapat mendalaminya dengan baik.

Sebagai contoh, jika kamu memilih untuk menekankan pada pengelolaan industri, peluangnya untuk terlibat dalam manajemen dunia industri akan semakin terbuka.

Dengan kata lain, kamu berpotensi memegang peran strategis di perusahaan-perusahaan industri.

3. Dapat dijalani oleh semua gender

Jurusan teknik biasanya banyak diambil oleh laki-laki. Hal ini berbeda dengan Teknik Industri.

Melalui banyaknya cakupan keilmuan dan keahlian yang ditawarkan, jurusan ini juga ramah bagi perempuan yang ingin menunjukkan eksistensinya di dunia teknik.

4. Memberi peluang besar untuk melakoni dunia bisnis

Bagi mereka yang telah menyelesaikan pendidikan S1 Jurusan Teknik Industri, peluang untuk menjadi pengusaha juga merupakan opsi yang menarik.

Dengan kemampuan dan keterampilan yang telah diperoleh, seperti kemampuan untuk mengembangkan produk dan mengelola tim SDM, dapat dikatakan bahwa kamu telah memiliki alat yang dibutuhkan untuk terlibat dalam dunia bisnis.

5. Berkesempatan untuk memiliki peluang kerja yang besar

Prospek karier bagi lulusan S1 Teknik Industri menunjukkan tingkat peluang yang tinggi.

Sebab, kesempatan ini tidak hanya terbatas pada sektor teknik, melainkan juga mencakup bidang lain, seperti manajemen SDM, pemeliharaan sistem industri, serta pengembangan sistem informasi dan komunikasi.

Beragam peluang profesional yang dapat diakses menjadi daya tarik yang semakin membesarkan popularitas Jurusan Teknik Industri.

Jadi itulah lima alasan Jurusan Teknik Industri banyak diminati calon mahasiswa. Apakah kamu tertarik untuk masuk jurusan ini?

Baca Juga  Kontroversi Kebijakan Lima Hari Sekolah, Ini Alasan PBNU Menolak

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Alasan Jurusan Teknik Industri Banyak Diminati Calon Mahasiswa

Comments
Loading...