Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 10 Prospek Kerja Jurusan Perikanan Beserta Perkiraan Gajinya

Jurusan Perikanan masih sepi peminat di jalur penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya.

JurnalGuru.id – Berikut ini 10 prospek kerja jurusan Perikanan di Indonesia.

Selama ini Indonesia dikenal sebagai negara maritim karena memiliki wilayah perairan sangat luas di dunia.

Meskipun sebagai negara kelautan, tetapi tidak banyak anak muda yang mengambil kuliah di bidang ini.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Jurusan Perikanan masih sepi peminat di jalur penerimaan mahasiswa baru setiap tahunnya.

Meski demikian hal itu justru menjadi peluang sebab kamu bisa mendapatkan prospek kerja Perikanan yang sangat luas karena saingannya belum terlalu banyak.

10 Prospek Kerja Jurusan Perikanan Beserta Perkiraan Gajinya

1.Peneliti

Kamu yang mengambil S1 Perikanan bisa menjadi peneliti yang bekerja di LIPI, BMKG dan lembaga penelitian atau riset lainnya.

2. Dosen

Gaji dosen berkisar Rp3-5 jutaan yang bisa kamu pilih sebagai prospek karier paling stabil dengan mengampu mata kuliah linear Jurusan Perikanan.

3. Perusahaan Perikanan Komersial

Bergabung dengan perusahaan perikanan sebagai manajer akuakultur, staf penjamin mutu dan lainnya, kamu mendapatkan potensi gaji jutaan rupiah tergantung jabatan dan kesepakatan perusahaan.

4.Instansi Pemerintah

Berkarier menjadi PNS yang memiliki gaji paling rendah untuk golongan II-III sekitar Rp2,5-3 juta belum termasuk bonus atau tunjangan, maka lulusan Perikanan bisa bekerja di Balai Karantina Nasional, Balai Karantina Ikan, Balai Penangkapan Ikan, dan instansi lainnya.

5.Kementerian Kelautan dan Perikanan

Menjadi staf analis data perikanan dan kelautan, analis kebijakan, konservasi kawasan, dan lain-lain di bawah naungan Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kamu punya potensi gaji jutaan hingga puluhan juta rupiah yang stabil sampai masa pensiun.

Baca Juga  Lulusan SMK Perlu Tahu, Ini Kisaran Gaji yang Lolos Seleksi CPNS 2023

6. Teknisi Konservasi Lingkungan

Kamu bisa bekerja sebagai teknisi konservasi lingkungan yang dibutuhkan perusahaan swasta atau BUMN di bidang perikanan agar konservasi lingkungan tetap terjaga.

7. Peternak ikan

Jurusan Perikanan memberi kesempatan Kamu untuk bekerja atau merintis usaha mandiri sebagai peternak ikan baik air payau atau air tawar.

8. Pebisnis

Tidak hanya bisa menjadi peternak ikan saja, Kamu juga bisa menjadi pebisnis di bidang lain yang masih berkaitan, misalnya bisnis pengolahan hasil ternak ikan, pengolahan pakan ikan, pembibitan, dan lain-lain.

9. Kepala ABK

Tidak hanya menjadi nelayan biasa, Kamu bisa menjadi kepala ABK yang punya ilmu tentang kelautan sehingga bisa menghasilkan tangkapan ikan yang memuaskan.

10. Konsultan Perikanan

Kamu bisa menjadi konsultan perikanan yang memberikan masukan, pemahaman dan inovasi budidaya perikanan di lingkungan perairan sesuai lokasi.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “10 Prospek Kerja Jurusan Perikanan Beserta Gajinya, Jadi Poros Maritim Dunia?

Comments
Loading...