Yuk Daftar, 5 Negara Tawarkan Beasiswa dan Visa Kerja bagi Fresh Graduate

Tawaran tersebut tentu jadi peluang jika melanjutkan studi sekaligus bekerja di luar negeri merupakan salah satu impianmu.

JurnalGuru.id – Sejumlah negara menawarkan beasiswa kuliah sekaligus peluang untuk lanjut kerja setelah lulus.

Tawaran tersebut tentu jadi peluang jika melanjutkan studi sekaligus bekerja di luar negeri merupakan salah satu impianmu.

Selain berkesempatan untuk memperdalam kemampuan dan mendapatkan penghasilan, berkuliah sekaligus bekerja di luar negeri juga menawarkan kesempatan untuk belajar budaya baru.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Namun, permohonan visa kerja seringkali menjadi rintangan bagi orang-orang yang ingin bekerja di luar negeri.

Visa kerja sendiri adalah dokumen penting yang dibutuhkan bagi orang-orang yang ingin bekerja di negara lain.

Tanpa adanya dokumen ini, orang yang bekerja di negara asing dapat dikategorikan sebagai pekerja ilegal dan dapat dituntut pidana.

Oleh karena itu, menyiapkan dokumen-dokumen persyaratan pengajuan visa kerja menjadi langkah awal yang perlu disiapkan jika kamu ingin berkarier di luar negeri.

Namun, kamu juga dapat memilih negara dengan proses visa kerja paling mudah agar peluangmu bekerja dan melanjutkan studi di luar negeri semakin besar.

Berikut 5 negara dengan proses visa kerja paling mudah dan rekomendasi beasiswanya, dilansir dari lembaga bimbingan bahasa studi abroad @titiknolenglish:

1. Belanda

Negara yang disebut sebagai negeri seribu kincir ini terkenal dengan sistem work-life balance terbaik. Melalui orientation visa, warga non-Uni Eropa dapat tinggal dan bekerja di Belanda setelah menyelesaikan kuliah.

Negara ini juga memiliki visa khusus bagi orang-orang yang memiliki ide untuk membuat start up, serta bersedia untuk mengembangkan ide bisnis tersebut selama satu tahun di Belanda.

Beberapa rekomendasi beasiswa kuliah di Belanda, antara lain:

Baca Juga  Anak Penjual Bubur Kacang Ijo Tembus Kedokteran Unair dengan KIP Kuliah

* Orange Tulip Scholarship

* Erasmus

* Holland Scholarship

2. Irlandia

Negara yang terletak di sebelah barat laut Benua Eropa ini, mengizinkan warga negara asing untuk mengajukan izin kerja selama satu tahun.

Selain itu, Irlandia juga mengizinkan warga negara non-Uni Eropa bekerja legal hingga dua tahun di negara tersebut.

Beberapa rekomendasi beasiswa yang dapat digunakan menuju ke Irlandia, antara lain:

* Government of Ireland International Education Scholarship (GOI-IES)

* Erasmus

* University College Dublin Global Excellence Program

3. Jerman

Negara yang terkenal akan penguasaan ilmu dan teknologi ini juga dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin lanjut studi dan berkarier di luar negeri. Jerman menawarkan EU Blue Card bagi warga negara asing yang memiliki keterampilan dan latar belakang pendidikan yang baik.

Negara ini juga mengizinkan warga non-Uni Eropa tinggal dan bekerja asalkan telah memiliki pengalaman profesional dan kontrak kerja sebelumnya.

Beberapa rekomendasi beasiswa yang dapat digunakan ke Jerman, antara lain:

* Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) Scholarship

* Erasmus

* Katholischer Akademischer Auslander- Dienst (KAAD) Scholarship

4. Australia

Negara yang memiliki julukan “Benua Hijau” ini memiliki tiga macam visa bagi kamu yang ingin kuliah sambil bekerja. Ketiga visa tersebut, yaitu Graduate Work Stream, Post-Study Work Stream, dan Global Talent Independent Program (GTI).

Beberapa rekomendasi beasiswa ke Australia:

* University of Melbourne Graduate Research Scholarship

* Earmarked Scholarship

* Australian Award Scholarship

5. Kanada

Kanada menjadi pilihan lain bagi kamu yang ingin mempunyai visa kerja dengan prosedur yang relatif mudah untuk didapatkan.

Program International Experience Canada (IEC) menyediakan visa kerja bagi orang yang ingin bekerja sekaligus tinggal di Kanada selama satu sampai dua tahun.

Baca Juga  Kisah Alumnus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Raih Rp1 Miliar dari UAD

Untuk mendapatkan visa ini, pemohon perlu memenuhi persyaratan kesehatan, usia, dan mempunyai pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang akan dikerjakan di Kanada.

Beberapa rekomendasi beasiswa ke Kanada:

* Canaca-ASEAN Scholarship and Educational Exchanges for Development

* Global Award Scholarship- Universitas Teknik Ontario

* Vanier Canada Graduate Scholarship

Demikian 5 negara dengan proses visa kerja paling mudah dan rekomendasi beasiswanya. Negara-negara tersebut dapat menjadi rujukan bagi kamu yang ingin melanjutkan studi sambil bekerja di luar negeri. Negara mana yang membuatmu tertarik?

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Negara Tawarkan Beasiswa dan Visa Kerja Mudah bagi “Fresh Graduate

Comments
Loading...