Mahasiswa Baru Perlu Tahu, Ini yang Biasa Disesali Mahasiswa Setelah Lulus

Sebelum benar-benar memasuki dunia perkuliahan, ada baiknya kamu tahu hal-hal yang sering disesali oleh mahasiswa setelah lulus

JurnalGuru.id – Para mahasiswa baru akan segera memulai perkuliahan di tahun ajaran baru 2023/2024. Sebelum benar-benar memasuki dunia perkuliahan, ada baiknya kamu tahu hal-hal yang sering disesali oleh mahasiswa setelah lulus. Harapannya, kamu tidak akan melakukan kesalahan yang sama dan menjadi lulusan unggul.

Dilansir dari laman institusi pendidikan vokasi bisnis dan teknologi LP3I, Minggu (6/8/2023), berikut sejumlah hal yang sering disesali mahasiswa ketika kuliah:

Kesalahan yang sering disesali mahasiswa

Jangan Lewatkan
1 of 540

1. Salah pilih jurusan

Tidak jarang mahasiswa merasa salah memilih jurusan, bahkan menyesal setelah lulus. Penyebab terbanyak penyesalan tersebut karena prospek karier dari jurusan yang diambil nyatanya tidak sesuai dengan jenis pekerjaan impian.

Karena itu, sejak masih sekolah, pelajar disarankan mulai memetakan bakat, minat, dan cita-cita sebelum memilih jurusan kuliah.

Meski begitu, tidak ada kata terlambat. Bila kamu merasa salah jurusan atau jurusanmu tidak sesuai dengan pekerjaan yang kamu impikan, kamu masih bisa meng-update skill sesuai dengan pekerjaan tersebut. Lalu, bekali juga dirimu dengan pengalaman magang di bidang tersebut.

Jangan sampai kamu tambah menyesal karena bekerja di bidang yang tidak kamu sukai.

2. Tidak serius kuliah

Jangan pernah bersikap malas-malasan karena hal itu menjadi kesalahan fatal kedua yang dirasakan para mahasiswa setelah lulus.

Kamu perlu konsisten mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas, mengikuti ujian dan jika memungkinkan mengikuti organisasi dan menambah keterampilan lainnya.

Karena, akumulasi capaian sejak semester pertama, akan menentukan nilai akhir yang kamu dapat. Nilai tersebut bisa menjadi “senjata” pertama saat ingin mendaftar beasiswa hingga melamar kerja.

3. Tidak melakukan networking

Baca Juga  Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 10 Pekerjaan Bidang Teknologi Paling Dibutuhkan

Masa kuliah adalah saat bagus untuk memperluas koneksi dan jejaring pertemanan. Memiliki jejaring pertemanan yang luas itu begitu penting. Karena sering kali. peluang muncul dari akses luas yang kamu miliki. Tidak jarang juga tawaran pekerjaan muncul dari networking-mu ini.

Kamu bisa mencoba untuk bergaul dan memperluas pergaulan dengan orang atau komunitas yang tepat.

Misalnya, kamu kuliah di bidang desain grafis, mengikuti komunitas desain grafis di kampus adalah pilihan tepat. Kamu bisa belajar banyak dari orang-orang yang memiliki minat sepertimu.

4. Salah pergaulan

Salah satu kesalahan fatal lainnya yang dirasakan mahasiswa setelah lulus adalah merasa salah pergaulan selama kuliah.

Memiliki banyak teman itu bagus, tapi jangan sampai salah memilih lingkungan pertemanan.

Jangan sampai kamu berteman dengan seseorang yang membawa dampak buruk bagimu. Kamu wajib memilih teman yang ingin diajak maju dan berkembang bersama.

5. Tidak berorganisasi

Pasti pernah dengar istilah mahasiswa kupu-kupu atau kuliah pulang kuliah pulang. Daripada menjadi mahasiswa kupu-kupu, lebih baik, kamu melatih kemampuan berorganisasi dengan mengikuti organisasi intra-kampus, ekstra-kampus, maupun unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Tentunya kamu bisa memilih organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Namun yang penting untuk diperhatikan, jangan sampai kegiatan berorganisasi yang kamu ikuti justru mengganggu tugas utamamu sebagai mahasiswa.

6. Jarang berkunjung ke perpustakaan

Perpustakan di kampus sebaiknya sering kamu kunjungi. Banyak buku yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

Sekalipun sekarang mungkin banyak hal bisa diakses melalui internet. Namun tetap belajar melalui buku adalah salah satu cara belajar terbaik.

Saat masih berkuliah, kamu bisa menjadwalkan misalnya minimal sekali dalam seminggu untuk datang ke perpustakaan universitas. Kamu bisa memilih buku yang ingin dipinjam maupun memilih bahan bacaan lainnya.

Baca Juga  Daftar Mulai 16 Februari, Cyber University Beri Tiga Program Beasiswa kepada Mahasiswa Baru

7. Tidak punya target

Jika kamu terlalu santai dalam menjalani perkuliahan akibatnya semuanya berjalan seadanya. Sebaiknya kamu memilih target yang jelas. Dengan begitu kamu akan terpacu untuk mencapai target yang telah kamu tetapkan.

Sebagai contoh, kamu misalnya ingin lulus dalam 3,5 tahun dengan IPK Cumlaude. Dengan membuat target, selama kuliah tentunya kamu akan berusaha agar targetmu tersebut tercapai.

Demikian tujuh hal yang biasa disesali mahasiswa setelah lulus kuliah. Para mahasiswa maupun calon membaca yang membaca informasi ini, bisa menghindari kesalahan tersebut dan mengisi hari-hari saat kuliah dengan hal produktif dan positif.

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “7 Hal Sering Disesali Mahasiswa Setelah Lulus, Mahasiswa Baru Simak

 

Comments
Loading...