Kuliah Sambil Kerja, Generasi Milenial Pilih Universitas Terbuka

berdasarkan data UT saat ini 70 persen mahasiswa didominasi oleh anak muda dengan usia rata-rata 24 tahun.

JurnalGuru.id – Universitas Terbuka (UT) kini makin diminati oleh generasi milenial yang ingin kuliah sambil bekerja. Salah satu alasannya karena sistem kuliahnya yang fleksibel.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, berdasarkan data UT saat ini 70 persen mahasiswa didominasi oleh anak muda dengan usia rata-rata 24 tahun.

“Kami bersyukur proporsi mahasiswa UT kini semakin digemari generasi milenial,” ujarnya usai Wisuda UT Periode II Wilayah 2 2023, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (26/7/2023).

Jangan Lewatkan
1 of 540

Rektor Ojat menjelaskan, semakin banyaknya anak muda yang kuliah di UT juga akan berdampak positif pada peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi.

Dia menuturkan, dengan sistem kuliah yang fleksibel UT kini menjadi pilihan bagi orang-orang yang sibuk merintis karier.

“Namun di saat yang sama mereka tak mau ketinggalan belajar demi masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Begitupun di UT saat ini, ujar Prof Ojat, jumlah proporsi mahasiswa di kampusnya kini banyak anak muda yang sambil kuliah juga bekerja demi merintis karier.

“Tentu ini kabar menggembirakan. UT menjadi pilihan generasi milenial karena banyak kini anak muda yang terjun ke dunia kerja bersamaan dengan menuntut ilmu,” ucapnya.

Aktor dan penyanyi Reynaldi Mbayang atau yang dikenal Rey Mbayang termasuk salah satu wisudawan UT yang diwisuda. Suami Dinda Hauw ini lulus S1 Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UT dengan IPK 3.14.

Menurut Rektor, Rey Mbayang merupakan representasi generasi muda yang meski sibuk membagi jadwalnya di dunia hiburan Tanah Air namun juga fokus belajar demi meraih gelar sarjana. Dia pun berharap Rey Mbayang bisa menjadi inspirasi generasi muda lainnya.

Baca Juga  Pekerja Migran Indonesia di Singapura Pilh Lanjutkan Kuliah, Ini Alasan Mereka

Demikian juga dengan kakak dari Rey Mbayang yang bernama Oktaviany Mbayang atau dikenal dengan Ninie Mbayang yang lulus dari Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Prestasi akademik dari mahasiawa UT Manado ini cukup bagus, yaitu 3,39.

Sebanyak 1.927 wisudawan dari mulai jenjang diploma, sarjana S1, dan pascasarjana yang hadir dari seluruh penjuru negeri.

Terdapat dua wisudawan dengan IPK terbaik diraih oleh Kusuma Lelana Ayu Lestari, Program Studi Lingkungan dari UT Tarakan yang mendapat predikat kelulusan dengan pujian (IPK 4,00).

Serta oleh Khairunisa Septiana Nurjanah, Prodi Manajemen- S1 dari UT Bogor yang juga mendapat predikat kelulusan dengan pujian (IPK 3,98).

“Momen wisuda bukanlah akhir dari suatu perjuangan, namun awal untuk lebih berkontribusi kepada masyarakat. Selamat kepada para wisudawan untuk lebih bekerja keras, berproses menapaki jejak-jejak kehidupan. Semoga lulusan UT dapat menjaga dan membanggakan almater di manapun berada,” pungkas rektor.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “UT Makin Diminati Generasi Milenial, Bisa Kuliah Sambil Kerja

Comments
Loading...