Aneh, Ratusan Calon Maba Unbraw Mengundurkan Diri, Ini Kata Pihak Kampus

Mundurnya ratusan mahasiswa Universitas Brawijaya ini menjadi perbincangan di beberapa akun media sosial

JurnalGuru.id – Ratusan calon mahasiswa baru (camaba) Universitas Brawijaya (Unbraw) mengundurkan diri usai dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Mundurnya ratusan mahasiswa Universitas Brawijaya ini menjadi perbincangan di beberapa akun media sosial Twitter salah satunya @sbmptnfess.

Pada akun tersebut diunggah sebuah cuitan “ini kenapa pada mengundurkan diri”. Namun tak disebutkan penyebab pasti mengapa banyak ratusan calon mahasiswa Unbraw yang mengundurkan diri.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Kepala Sub Bagian Humas dan Kearsipan Unbraw Kotok Guritno meluruskan kabar yang beredar bahwa ratusan calon maba itu tidak mengundurkan diri, melainkan tidak mendaftar ulang usai diumumkan lolos SNBT.

“Kebijakan kami, jika tidak melakukan daftar ulang dianggap mundur,” ucap Kotok Guritno saat dikonfirmasi pada Selasa (25/7/2023).

Di tahun 2023 saja, dikatakan Kotok, ada 83 calon mahasiswa dari jalur Seleksi Mandiri Berbasis Prestasi (SNBP) atau 11,5 persen penerima tidak melakukan daftar ulang.

Selain itu, ada sebanyak 430 calon mahasiswa yang lolos jalur SNBT atau sebanyak 17,5 persen dari yang total calon mahasiswa yang diterima juga tak melakukan daftar ulang.

“Tahun ini ada 83 calon maba jalur SNBP tidak melakukan daftar ulang dan 430 calon maba yang lolos SNBT,” ucap dia.

Pihaknya menganggap para calon maba ini tidak mendaftar ulang karena telah diterima di beberapa kampus lain maupun lolos seleksi pada perguruan tinggi kedinasan.

“Yang kami ketahui, mereka mengundurkan diri adalah karena diterima di kampus lain atau lolos seleksi di perguruan tinggi kedinasan,” tegasnya.

Baca Juga  Universitas Brawijaya Peringkat Satu dari 20 PTN dengan Pendaftar Terbanyak di SNBT 2023

Kotok menyatakan bahwa hampir setiap tahun ada saja calon mahasiswa yang tidak mendaftar ulang. Jumlahnya pun tak sedikit, sehingga kuota yang tersisa itu dialihkan ke pendaftaran tahap berikutnya.

“Setiap tahun ada, mereka yang tidak melakukan pemberkasan untuk daftar ulang. Sehingga dianggap mundur, kuotanya dialihkan ke pendaftaran jalur berikutnya atau mandiri. Di mana merupakan jalur terakhir pendaftaran mahasiswa baru,” bebernya.

Saat ini, Unbraw masih membuka seleksi jalur mandiri gelombang II. Mereka yang bisa mendaftar dikhususkan bagi calon mahasiswa yang pernah mengikuti seleksi UTBK tahun 2023.

Bagi calon mahasiswa yang berminat, pendaftaran dilakukan melalui laman https://admisi.ub.ac.id dan melengkapi data yang diminta. Biaya pendaftaran untuk mengikuti seleksi mandiri Unbraw gelombang II adalah sebesar Rp350 ribu.

“Saat ini dibuka pendaftaran jalur mandiri sampai nanti pukul 23.59 WIB malam nanti, untuk pengumuman pada 31 Juli,” pungkasnya.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “Ratusan Calon Maba Universitas Brawijaya Mengundurkan Diri, Ini Penjelasan Pihak Kampus

Comments
Loading...