Keren, Mahasiswa Politeknik Negeri Madura Inovasi Traktor Pakai Remot

inovasi traktor tangan dengan remot itu disebut sebagai hand tractor remote.

JurnalGuru.id – Salah satu inovasi mahasiswa Politeknik Negeri Madura (Poltera) ini tergolong unik. Pasalnya, traktor bisa dijalankan pakai remot kontrol.

Tentu, hal ini dilakukan oleh Syafiuddin mahasiswa Jurusan Teknik Listrik Industri, Poltera untuk memudahkan kerja dari para petani.

Melansir laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Rabu (19/7/2023), inovasi traktor tangan dengan remot itu disebut sebagai hand tractor remote.

Jangan Lewatkan
1 of 93

Adapun teknologi tepat guna ini merupakan sebuah traktor tangan yang bisa dikendalikan dengan remote control.

Jadi, traktor ini bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remote control dengan jarak jangkauan mencapai radius maksimal 1 kilometer.

Ia mengatakan, ide awal pengembangan hand tractor remote bermula saat ia melihat sang ayah bekerja membajak sawah. Sebagai anak petani, Syafiudin memang selalu menemani orang tuanya untuk mengurus ladang pertanian mereka.

“Saya tidak tega melihat Bapak mendorong hand tractor di bawah terik matahari. Saat itulah, terbesit di pikiran saya untuk mengendalikan traktor tangan ini dari jarak jauh. Jadi, tidak perlu berpanas-panasan dan mengeluarkan banyak tenaga,” ujar Syafiuddin.

Untuk proses pembuatan inovasi traktor tangan ini sendiri tidak memerlukan waktu lama, yakni hanya dalam waktu dua bulan saja.

Akan tetapi, riset yang ia lakukan terhadap alatnya selama 9 bulan, di mana semua tahapan dan proses pengembangan inovasi ini didukung sepenuhnya oleh pihak kampus.

“Sebenarnya membuat alatnya gampang-gampang mudah, risetnya yang susah. Saya total memulai riset itu 9 bulan lamanya. Alatnya kalau sudah ada bahannya hanya 3 hari saja sudah jadi,” terang Syafiuddin.

Baca Juga  Ini Program Beasiswa UGM

Sedangkan bahan baku yang digunakan dalam pengembangan traktor ini merupakan alat sederhana, seperti dinamo dan bahan-bahan serta peralatan seadanya yang mudah didapatkan di rumah.

“Mekanisme kerja traktor ini cukup mudah dan bisa dikendalikan lewat smartphone yang kita miliki,” kata Syafiuddin.

Selain itu, kelebihan traktor tangan dengan remot ini adalah petani tidak perlu panas-panasan untuk membajak sawah mereka karena operasional traktor bisa dikendalikan dari jarak jauh. Selain itu, para petani juga tidak perlu membuang banyak tenaga.

“Kekurangan dari alat ini adalah masih membutuhkan manusia dalam pengendaliannya,” jelas Syafiuddin.

Tentu dengan inovasinya ini ia berharap teknologi tepat guna yang diciptakan tersebut dapat membantu seluruh petani yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Dia juga berharap, mahasiswa Poltera terpacu semangatnya untuk terus maju dan berkembang menciptakan teknologi-teknologi tepat guna yang lebih inovatif lagi kedepannya.

Tak hanya itu saja, selain mampu membantu petani, teknologi tepat guna ini berhasil meraih sejumlah penghargaan.

Salah satunya adalah Juara 2 Tingkat Kabupaten dalam Kompetisi Sampang Berinovasi (Sabernova) Tahun 2022 serta INOTEK Terinovatif III Tingkat Regional Jawa Timur.

Inovasi traktor tangan ini juga mewakili Jawa Timur dalam lomba Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tingkat Nasional.

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mahasiswa Poltera Inovasi Traktor Pakai Remot

Comments
Loading...