Masih Adakah Peluang Kerja yang Menjanjikan pada Jurusan Filsafat?

jangan khawatir sejumlah profesi menjanjikan ini bisa menjadi pelabuhan mahasiswa lulusan Fakultas Filsafat.

JurnalGuru.id – Siapa bilang prospek kerja yang menjanjikan pada Jurusan Filsafat dengan gaji tinggi mulai redup saat ini? Padahal ilmu filsafat termasuk ilmu tertua yang menjadi induk dari berbagai ilmu pengetahuan lainnya seperti sosiologi, hukum, dan fisika.

Bagi Anda yang berasal dari program studi ini wajib tahu prospek kerja jurusan filsafat agar bisa merencanakan karier dengan baik dan tidak merasa salah jurusan.

Meski dianggap ilmu tanpa masa depan, jangan khawatir sejumlah profesi menjanjikan ini bisa menjadi pelabuhan mahasiswa lulusan Fakultas Filsafat.

Jangan Lewatkan
1 of 526

1. Data analyst

Prospek kerja jurusan filsafat UGM bisa menjadi data analyst. Pekerjaan di bidang ini sedang digemari lulusan baru karena menawarkan work life balance dan gaji tinggi.

Data analyst bertanggung jawab mengumpulkan informasi dan statistik, menyusun, dan menyajikan informasi tersebut agar mudah dipahami.

2. Konsultan pemasaran

Pilihan karier yang tersedia untuk lulusan filsafat adalah marketing consultant. Konsultan pemasaran bertanggung jawab mempelajari profil dan operasional perusahaan untuk memahami kebutuhan pasar.

Anda turut bertugas meneliti trend dan peluang komersial di industri. Nantinya, informasi yang terkumpul digunakan untuk mempelajari kebiasaan konsumen, mencari tahu bagaimana perusahaan bisa mencocokan diri dengan kebutuhan pasar, membuat perencanaan penjualan, serta meningkatkan bisnis.

Pada kondisi tertentu, Anda mungkin terlibat dalam upaya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pemasaran.

3. Research consultant

Research consultant adalah orang yang bekerja melakukan penelitian yang spesifik terkait dengan industri dan menganalisis temuan yang berguna untuk bisnis.

Tugas Anda yaitu menemukan solusi untuk pertanyaan dan masalah perusahaan. Konsultan penelitian bertanggung jawab mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data yang mudah dipahami.

Baca Juga  Guru dan Dosen Dapat Tambahan 50 Persen Tunjangan Profesi di THR Lebaran

4. Profesor

Apabila Anda ingin menjadi profesor, persiapkan biaya kuliah filsafat lanjutan. Terutama menjadi profesor di tingkat universitas, tentunya mensyaratkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Profesor merupakan pengajar professional di tingkat SMA maupun universitas yang melakukan penelitian dan publikasi buku serta artikel berkaitan dengan bidang studinya.

5. Dosen

Jurusan filsafat Islam bisa menjadi dosen. Sama halnya dengan profesor Anda wajib mengambil pendidikan lanjutan yaitu program magister dan doktoral.

Dosen biasanya direkrut untuk mengajar di SMA, SMK, ataupun tingkat universitas. Tugas dosen selain mengajar adalah membuat penelitian, menjalankan fungsi administrasi, dan membimbing mahasiswa untuk sidang skripsi.

6. Pengacara

Lulusan ilmu filsafat terkenal karena memiliki daya analisis dan komunikasi yang bagus. Oleh karena itu, Anda dapat memulai karier sebagai pengacara.

Tugas utama pengacara adalah memberikan saran dan mewakilkan orang maupun perusahaan di pengadilan. Anda perlu menguasai pemahaman tentang hukum institusi.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “Peluang Kerja Jurusan Filsafat yang Menjanjikan, Masih Prospektif Kok

Comments
Loading...