Simak, Ini 7 Jurusan Teknik yang Punya Peluang Kerja Menjanjikan

Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan incaran calon mahasiswa karena prospek kerjanya

JurnalGuru.id – Sejumlah jurusan Teknik ini memiliki peluang kerja menjanjikan. Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan incaran calon mahasiswa karena prospek kerjanya yang terbuka lebar setelah lulus.

Bukan hanya peluang kerjanya, tetapi gaji alumninya juga rata-rata besar di bidang yang sangat jarang.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 jurusan Teknik yang memiliki peluang kerja menjanjikan

Jangan Lewatkan
1 of 540

7 jurusan Teknik yang memiliki peluang kerja menjanjikan

1.Teknik Industri

Prospek kerja di jurusan ini pun sangat luas, mulai dari industri kecil hingga industri besar.

Kamu bisa bekerja di divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, hingga HRD.

2.Teknik Mesin

Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin.

Kamu juga akan memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan, dan sebagainya.

3.Teknik Sipil

Teknik Sipil merupakan jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. Saat memilih jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya.

Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang.

Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

4.Teknik Elektro

Berkat keahlian di bidang kelistrikkan, banyak lulusan Teknik Elektro yang membidik industri-industri tenaga listrik besar, seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Baca Juga  Ini Dia 7 Jurusan Kuliah yang Gampang Cari Kerja, Bisa Jadi Pilihan Siswa

Lulusan Teknik Elektro juga bisa bekerja di industri telekomunikasi, perminyakan dan gas, otomotif, hingga perusahaan bertaraf multinasional.

5.Teknik Nuklir

Teknik Nuklir merupakan jurusan yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi a
ntara radiasi dan material sebagai dasarnya.

Nuklir tidak hanya digunakan untuk bom atom saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk bidang medis, pembangkit listrik, dan energi.

Prospek kerja di bidang ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Alumni Teknik Nuklir bisa bekerja di perusahaan pertambangan, perminyakan, dan perusahaan yang bergerak di bidang energi yang dikenal rata-rata memiliki gaji menggiurkan seperti PLN, PLTN, Pertamina, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), dan sebagainya.

6.Teknik Perminyakan

Prospek kerja dari jurusan ini terkenal sangat menjanjikan karena sumber daya minyak termasuk salah satu sumber daya yang paling bernilai.

Kamu bisa berkarier di perusahaan sektor migas nasional hingga internasional seperti Pertamina, Chevron, Total, Shell, dan masih banyak lagi.

7.Teknik Perkapalan

Jurusan Teknik Perkapalan mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan kapal. Seperti perancangan dan pembangunan kapal, pengoperasian kapal, dan bisnis pengoperasian armada kapal.

Kamu pun bisa bekerja di beberapa bidang seperti pembangunan kapal baru, pembangunan sarana industri lepas pantai, pemeliharaan dan reparasi kapal, dan masih banyak lagi.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “7 Jurusan Teknik Berpeluang Kerja Menjanjikan, Nomor 5 Alumninya Langka dan Gajinya Besar

Comments
Loading...