Ini Dia 10 Jurusan Kuliah yang Paling Mudah Cari Kerja di Era Digital

ada 10 jurusan kuliah yang sesuai dengan perkembangan era digital dan memiliki peluang karier luas di masa depan

JurnalGuru.id – Jurusan kuliah yang dibutuhkan di era digital bisa jadi pilihan untuk lanjut kuliah. Tidak hanya dari jurusan Teknik melainkan jurusan lain juga banyak dibutuhkan perusahaan.

Di era Revolusi Industri 4.0 dan menuju era Society 5.0, banyak perusahaan membutuhkan tenaga terampil dari lulusan jurusan kuliah yang memiliki kemampuan untuk mengimbangi pesatnya laju teknologi.

Berikut ini ada 10 jurusan kuliah yang sesuai dengan perkembangan era digital dan memiliki peluang karier luas di masa depan, dikutip dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Jangan Lewatkan
1 of 540

1. Teknik Informatika

Jurusan kuliah Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan yang menjanjikan di era digital. Jurusan ini memberi mahasiswa kesempatan untuk memahami dunia IT, yang berhubungan dengan pemrograman, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi komputer jaringan.

Berbagai jenis pekerjaan membutuhkan lulusan dari teknik informatika, seperti programmer, software developer, web designer, system analyst, IT consultant, software engineer, database engineer, IT executive, network administrator, network support engineer, dan lainnya.

Dikutip dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), beberapa kampus dengan jurusan Teknik Informatika S1 yang berakreditasi Unggul ada di UIN Jakarta, Unpad, Universitas Mercu Buana, Universitas Brawijaya, Unhas, dan lainnya.

2. Cyber Security

Jika kalian masih bingung, apakah pekerjaan yang bisa di-apply oleh lulusan jurusan cyber Security, jawabannya adalah Computer Forensics
Analyst dan Big Data Architect.

Mahasiswa jurusan ini akan mendapatkan ilmu tentang proteksi keamanan digital.

Seorang cyber security dituntut untuk dapat melindungi data-data penting milik perusahaan dalam bentuk digital.

Mengapa jurusan ini menjadi sangat populer dan sangat dicari? Sederhana saja, di ekosistem digital hari ini, data pun tidak luput dari tindakan kriminal. Untuk melindunginya, lulusan ini adalah jawabannya.

Beberapa kampus yang sudah membuka jurusan ini ada di ITB, BINUS University, Politeknik Siber dan Sandi Negara, Universitas Surabaya, dan Politeknik Negeri Batam.

Baca Juga  Ini Dia 7 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan, Calon Mahasiswa Harus Paham

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)

DKV merupakan salah satu jurusan kuliah potensial yang populer. Program studi ini merupakan bagian dari ilmu seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Jurusan DKV termasuk menjanjikan di era digital karena lulusannya dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar dan desain di perangkat digital, seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw, SketchUp, InDesign, dan lainnya.

Selain itu, lulusannya juga dibutuhkan oleh segala jenis industri. Misalnya sebagai desainer, layouter, animator, web designer, dan lainnya.

Laman BAN PT memuat, kampus dengan jurusan DKV terakreditasi Unggul jenjang S1 ada di Universitas Tarumanagara, BINUS University, dan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

4. Farmasi

Beberapa tahun ke depan akan banyak pekerjaan yang digantikan oleh robot. Namun para ahli di bidang kesehatan akan sangat sulit tergantikan, salah satunya adalah Farmasi.

Jurusan yang mempelajari seluk beluk tentang obat-obatan akan menghasilkan lulusan yang bisa bekerja di perusahaan farmasi, rumah sakit, atau apotek, ataupun dosen.

Jurusan Farmasi Unsyiah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Universitas Brawijaya, Unair, USU, Unhas, Universitas Udayana, dan Unpad sudah terakreditasi Unggul BAN PT.

5. Matematika dan Statistika

Banyak yang bilang jurusan ini terkenal sulit namun jurusan Matematika dan Statistika terbilang potensial di era digital saat ini.

Data analyst menjadi salah satu pekerjaan yang paling menjanjikan dari jurusan ini. Selain menjadi data analyst, lulusannya juga berpeluang untuk berkarier menjadi data scientist, system analyst, market researcher, dan lainnya.

Ilmu mengenai pengumpulan, analisis, dan penyajian data akan menjadi makanan sehari-hari para mahasiswa Matematika dan Statistika.

Jurusan Matematika terakreditasi Unggul BAN PT ada di Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Andalas, Universitas Syiah Kuala, Universitas Muhammadiyah Malang, dan lainnya.

Baca Juga  Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 11 Jurusan Kuliah yang Mudah Dapat Kerja

Sementara jurusan Statistika terakreditasi UnggulBAN PT ada di Universitas Islam Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Makassar, UI, Unpad, dan sejumlah kampus lainnya.

6. Bisnis Digital

Menjamurnya usaha online dan semakin beralihnya pengguna pada mode transaksi online menjadikan jurusan yang satu ini banyak diburu.

Jurusan ini akan mempelajari mengenai manajemen binis dan teknologi digital seperti pengembangan web, analisis data, cyber security, UI/UX, pemasaran digital, manajemen media sosial, fintech industry, e-commerce, dan lain-lain.

Sejumlah kampus yang sudah membuka jurusan Bisnis Digital adalah Unpad, UNJ, ITS, Universitas Prasetiya Mulya, BINUS University, Universitas Multimedia Nusantara, dan lainnya.

7. Teknik Industri

Di era industri 4.0, jurusan Teknik Industri semakin diminati. Jurusan ini mempelajari bagaimana memaksimalkan peran manusia di bidang industri. Kalian akan mempelajari tentang manajemen industri, pengoperasian alat-alat, hingga mencari ide untuk menciptakan industri baru.

Lulusannya bisa menjadi Product Manager, Data scientist, Market researcher, Bagian Operasional dan Logistik, dan lain sebagainya.

Laman BAN PT memuat universitas dengan jurusan Teknik Industri terakreditasi Unggul antara lain di UGM, UPN Veteran Jakarta, UII, Telkom University, UIN Sunan Kalijaga, dan lainnya.

8. Sistem Informasi

Jurusan ini kamu mempelajari sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras serta data. Sama seperti Teknik Informatika, jurusan kuliah potensial ini tersedia di berbagai perguruan tinggi negeri maupun kampus swasta.

Beberapa kampus yang sudah membuka jurusan ini antara lain Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, dan Universitas Multimedia Nusantara.

9. Teknik Arsitektur

Kebutuhan akan tempat tinggal menjadi faktor penting mengapa jurusan Teknik Arsitektur banyak dibutuhkan di era digital.

Pekerjaan di bidang ini sangat membutuhkan dua prodi dari fakultas teknik, yaitu Arsitektur dan Teknik Sipil.

Baca Juga  Yuk, Ikuti Webinar Gratis soal Komunikasi dengan Anak di Era Digital

Mahasiswa akan bagaimana merancang bangunan pada sebuah gambar. Gambar inilah yang nantinya menjadi dasar atau patokan dalam pembangunan sebuah hunian.

Memang saat ini sudah banyak software yang bisa digunakan untuk merancang bangunan, namun komputer masih belum bisa merancang gambar bangunannya. Oleh karena itu, lulusan arsitektur masih akan bertahan bertahun-tahun ke depan.

Kampus yang jurusan Teknik Arsitekturnya sudah terakreditasi Unggul BAN PT yaitu di Universitas Komputer Indonesia dan Pendidikan Teknik Arsitektur Universitas Pendidikan Indonesia, UGM, Universitas Udayana, Universitas Katolik Soegijapranata, dan lainnya.

10. Ilmu Komunikasi

Tidak hanya soal bagaimana membangun public speaking yang mumpuni, tapi di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana membuat pesan dan cara menyampaikannya dengan efektif.

Lulusannya berpeluang menjadi wartawan, filmmaker, account officer, humas, copywriter, penyiar radio, hingga berkarier di event organizer.

Banyak kampus sudah membuka jurusan Ilmu Komunikasi namun kampus yang prodi Ilmu Komunikasi S1nya sudah terakreditasi Unggul BAN PT beberapa di antaranya adalah Undip, Unhas, Universitas Dian Nuswantoro, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, dan lainnya.

Itulah tadi 10 jurusan kuliah yang mudah cari kerja di era digital. Penting diketahui pula bahwa jalan terbaik untuk memilih jurusan adalah disesuaikan dengan minat dan bakat. Semoga informasi ini bermanfaat.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “10 Jurusan Kuliah yang Paling Mudah Cari Kerja di Era Digital dan Pilihan Kampusnya

Comments
Loading...