PT INKA Pilih Lulusan Teknik dari 7 Jurusan Kuliah yang Dicari

tidak semua jurusan kuliah dapat bekerja di perusahaan yang satu ini.

JurnalGuru.id – Jurusan kuliah tentunya menjadi penentu dalam mencari pekerjaan. Seperti saja di PT INKA yang setiap tahunnya menerima karyawan baru melalui Rekrutmen Bersama BUMN.

PT INKA merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) manufaktur yang menyediakan sarana perkeretaapian pertama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Sebagian produknya kini sudah diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Bangladesh, hingga Australia.

Menjadi salah satu anak perusahaan BUMN yang tergolong maju, membuat perusahaan ini selektif dalam pemilihan karyawannya. Oleh karenanya tidak semua jurusan kuliah dapat bekerja di perusahaan yang satu ini.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Berikut tujuh jurusan kuliah yang banyak dicari PT INKA:

1. Teknik Elektro

Semakin berkembangnya prasarana kereta api yang mengusung energi listrik membuat jurusan teknik elektro ini banyak dicari, termasuk oleh PT INKA. Jurusan ini biasanya dibutuhkan untuk pemeliharaan sistem.

Namun para lulusan teknik elektro harus mempunyai bekal khusus jika mau bekerja di perusahaan ini. Salah satunya memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan energi listrik pada suatu komponen perkeretaapian.

2. Mekatronika

Mekatronika merupakan jurusan yang mempelajari tentang beberapa cabang ilmu keteknikan. Beberapa cabang ilmu yang dipelajari pada jurusan ini seperti teknik mesin, elektro hingga pengetahuan tentang perangkat lunak.

Jurusan ini memiliki peranan penting dalam perusahaan manufaktur sarana perkeretaapian. Mereka nantinya ditugaskan untuk melaksanakan pemeriksaan dan perawatan sarana kereta api serta komponen pendukung lainnya.

3. Teknik Mesin

Sama halnya dengan jurusan Mekatronika, jurusan teknik mesin juga nantinya bisa menjadi pemantau maupun pemeliharaan sarana perkeretaapian. Namun perusahaan akan lebih memilih calon karyawan yang memiliki keterampilan khusus tentang permesinan kereta api.

4. Teknik Sipil

Jurusan kuliah yang mempelajari sistem perancangan dan pembangunan ini juga dibutuhkan oleh PT INKA. Bagi pekerja dari lulusan jurusan teknik sipil nantinya akan dibutuhkan dalam pembangunan sarana perkeretaapian.

Baca Juga  Keren, Siswa SMK PGRI 1 Mejayan Madiun Jualan Mokokasi, Mobil Toko untuk UMKM

5. Teknik Perkeretaapian

Salah satu jurusan yang biasa dicari PT INKA adalah teknik perkeretaapian. Namun tidak semua perguruan tinggi membuka jurusan yang satu ini.

Beberapa perguruan yang membuka jurusan teknik perkeretaapian diantaranya seperti Institut Teknologi Sumatera, Politeknik Negeri Madiun, Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun, dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat.

6. Teknik Informatika

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi, sebagian besar sarana perkeretaapian pun sudah mengalami pembaruan. Salah satu pihak yang mengembangkannya adalah para pekerja yang berasal dari lulusan teknik informatika.

7. Teknik Komputer

Tidak mau jauh dari teknik informatika, jurusan teknik komputer juga masuk dalam daftar jurusan yang biasa dicari PT INKA. Mereka yang lulus dari jurusan ini nantinya akan bekerja sebagai pemeliharaan sarana atau bisa juga sebagai staff Management Representative.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “7 Jurusan Kuliah yang Banyak dicari PT INKA, Mayoritas Lulusan Teknik

Comments
Loading...