Ini Daftar 7 Jurusan Kuliah yang Sering Dibutuhkan Perusahaan Media, Calon Mahasiswa Perlu Tahu

Dari sekian prospek pekerjaan yang tersebar, cukup banyak orang yang berkeinginan bekerja di perusahaan media.

JurnalGuru.id – Terdapat sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya sering dibutuhkan perusahaan media. Salah satunya adalah jurusan jurnalistik.

Jurusan kuliah menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan calon mahasiswa. Tak boleh asal memilih, Anda harus memikirkannya dengan cermat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Dari sekian prospek pekerjaan yang tersebar, cukup banyak orang yang berkeinginan bekerja di perusahaan media. Untuk bisa mewujudkannya, Anda bisa masuk jurusan kuliah yang relevan dengan bidang tersebut.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Deretan Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan Perusahaan Media

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang cukup populer di perguruan tinggi. Dari sekian prospek kerja yang dimiliki lulusannya, salah satu pilihan bisa mengarah ke perusahaan media.

Bidang media menjadi tempat kerja yang relevan bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Alasannya karena mahasiswa dari jurusan ini banyak belajar tentang cara menyampaikan pesan dan berita yang baik serta efektif.

Selain itu, mahasiswanya juga belajar hal lain seperti jurnalistik, penyiaran, periklanan, manajemen komunikasi, dan lain sebagainya. Sementara untuk posisi kerjanya sendiri, lulusan Ilmu Komunikasi di perusahaan media bisa menjadi penyiar televisi, penyiar radio, content writer, copywriter, dan lainnya.

2. Jurnalistik

Berbicara tentang jurusan Jurnalistik, salah satu prospek kerjanya yang relevan adalah di perusahaan media. Sebagai contoh, Anda bisa masuk ke media massa dan bekerja menjadi jurnalis.

Memiliki pengalaman belajar jurnalistik selama kuliah, Anda sudah memiliki bekal untuk nantinya membuat berita yang berimbang serta menyajikan informasi yang sesuai dengan data dan fakta.

Baca Juga  Luar Biasa, 5 Jurusan Kuliah Ini Mahasiswanya Sudah Diburu Perusahaan Sebelum Lulus

3. Broadcasting

Meski tidak sepopuler jurusan lain, namun Broadcasting juga punya prospek kerja luas bagi para lulusannya. Dalam hal ini, contoh mudahnya adalah bekerja di berbagai perusahaan media.

Dengan bekal yang dimiliki selama kuliah, lulusan Broadcasting bisa menjadi penyiar berita, presenter, atau kameramen. Selain itu, mereka juga bisa menekuni karier di media massa, portal berita online, production house, dan lainnya.

4. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Berikutnya ada jurusan kuliah Desain Komunikasi Visual (DKV). Program studi ini merupakan bagian dari ilmu seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Di era digital, jurusan DKV terbilang menjanjikan karena lulusannya telah dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar dan desain di perangkat digital.

Pada role yang cocok di perusahaan media, lulusan DKV bisa mengisi posisi seperti desain grafis, web designer, dan lainnya.

5. Digital Marketing

Seiring meningkatnya kebutuhan, saat ini terdapat sejumlah perguruan tinggi tanah air yang telah membuka jurusan Digital Marketing. Bagi Anda yang ingin mengembangkan kemampuan digital marketing bisa mengambil jurusan ini.

Terkait prospek kerjanya, sebagian besar perusahaan juga membutuhkan ahli Digital Marketing untuk mengikuti kemajuan zaman, tak terkecuali perusahaan media. Nantinya, peran ini akan melibatkan promosi konten atau layanan melalui platform online seperti media sosial.

6. Akuntansi

Akuntansi menjadi jurusan yang sering dianggap sulit. Meski demikian, prospek kerja yang dimilikinya cukup terbuka di berbagai sektor.

Saat ini, hampir setiap perusahaan membutuhkan seorang akuntan untuk membantu pengelolaan keuangan. Seorang akuntan yang baik diharapkan bisa menganalisis dan menyajikan laporan keuangan dengan baik, sehingga nantinya berguna bagi perusahaan ketika hendak mengambil kebijakan.

7. Sastra

Berikutnya adalah jurusan kuliah sastra. Tak harus menjadi sastrawan atau penulis novel terkenal, lulusan sastra juga bisa bekerja di perusahaan lain termasuk yang bergerak di bidang media.

Baca Juga  Calon Mahasiswa Wajib Tahu, Ini Skor Minimal UTBK ITS untuk Lolos SNBT 2023

Dengan bekal selama perkuliahan, para lulusannya bisa menempati posisi seperti jurnalis, wartawan, copywriter, atau bahkan content writer.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “7 Jurusan Kuliah yang Sering Dibutuhkan Perusahaan Media, Simak Daftarnya

Comments
Loading...