Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini Cara Daftar KIP Kuliah di 10 PTS Jabodetabek

Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan

JurnalGuru.id – Pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) untuk jalur mandiri perguruan tinggi swasta (PTS) mulai dibuka Jumat, 23 Juni 2023. Pendaftaran akan dibuka hingga 31 Oktober 2023.

Calon mahasiswa yang berencana untuk mendaftar pada PTS menggunakan KIP Kuliah bisa mendaftarkan diri melalui laman resmi KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

Pendaftar KIP Kuliah yang telah memiliki akun dapat melengkapi berkas pendaftaran di SIM KIP Kuliah dan memilih Seleksi Mandiri PTS sebelum melakukan registrasi di PTS tujuan.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Bagi calon mahasiswa pendaftar KIP Kuliah yang berdomisili di Jabodetabek, ada 10 PTS yang membuka pendaftaran peserta KIP Kuliah pada tahun 2022 lalu yang bisa menjadi rekomendasi dalam memilih universitas tujuan.

Berikut 10 PTS di wilayah Jabodetabek yang buka pendaftaran KIP Kuliah yang berhasil dirangkum oleh Kompas.com, Jumat (23/6/2023).

10 PTS Jabodetabek yang buka pendaftaran KIP Kuliah

1. Universitas Esa Unggul

2. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka)

3. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

4. Universitas Mercu Buana (UMB)

5. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)

6. Universitas Pancasila

7. Universitas Pembangunan Jaya (UPJ)

8. Universitas Bakrie

9. Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ)

10. Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI)

Cara daftar KIP Kuliah 2023

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.

Baca Juga  KarirLab Beri Beasiswa untuk Mahasiswa D3 & S1/D4, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti.

6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Syarat daftar KIP Kuliah 2023

Persyaratan untuk mendaftar Program KIP Kuliah adalah sebagai berikut:

* Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.

* Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.

* Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

* Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Itulah informasi terkait 10 PTS Jabodetabek yang buka pendaftaran untuk peserta KIP Kuliah serta cara daftar dan syarat pendaftaran KIP Kuliah 2023. Seluruh informasi tersebut bisa menjadi rekomendasi bagi calon mahasiswa peserta KIP Kuliah yang berencana untuk mendaftar kuliah di PTS.

Baca Juga  Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 10 Pekerjaan Lulusan Jurusan Pariwisata Gaji Jutaan di Kantong

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “10 PTS Jabodetabek Buka Pendaftaran KIP Kuliah, Ini Cara Daftarnya

Comments
Loading...