Calon Mahasiswa Unpad Jalur SNBT 2023 Wajib Registrasi Ulang, Ini Caranya

Peserta yang lolos segera melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan

JurnalGuru.id – Universitas Padjadjaran menerima 2.986 calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) berdasarkan pengumuman yang dibuka Selasa (20/6/2022). Unpad mengimbau calon mahasiswa baru untuk melaksanakan registrasi administratif.

“Peserta yang lolos segera melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita, dikutip dari laman Unpad, Kamis (22/6/2023).

Link untuk Registrasi Ulang

Jangan Lewatkan
1 of 540

Registrasi dan unggah dokumen dilaksanakan secara daring melalui laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ mulai 24 Juni sampai 30 Juni 2023 pukul 17.00 WIB.

Unpad akan melakukan verifikasi terhadap data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa baru, termasuk para pendaftar KIP-Kuliah, mulai 25 Juni sampai 9 Juli 2023.

Berdasarkan penjelasan pada butir 2 Surat Edaran Nomor 2232/UN6.WR1/TM.01/2023, Prof. Arief menyampaikan, bagi mahasiswa yang bersedia dan menyetujui besaran UKT Golongan VIII dapat langsung melakukan pembayaran mulai 26 Juni sampai 14 Juli 2023.

Namun, bagi calon mahasiswa yang tidak termasuk dalam butir 2 dapat mengetahui jumlah tagihan UKT pada laman Student Unpad, dan wajib melakukan pembayaran melalui mitra perbankan yang ditunjuk mulai 10 – 14 Juli 2023.

“Setelah pembayaran diterima, Universitas Padjadjaran akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa dan KTM digital paling lambat tanggal 17 Juli 2023,” ujarnya.

“Kedua dokumen tersebut dapat diperoleh di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/. Pengambilan KTM fisik akan dijadwalkan kemudian,” jelasnya.

Dokumen Wajib Saat Registrasi Ulang

Adapun dokumen yang wajib diunggah saat proses registrasi, yaitu KTP/kartu siswa (asli); kartu keluarga (asli); akte kelahiran (asli); ijazah SMA/MA/SMK/setara (asli); surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif dari kepolisian atau dokter; serta kartu BPJS atau asuransi kesehatan yang dimiliki.

Baca Juga  Ini Dia 7 Jurusan Kuliah Favorit Paling Diminati Calon Mahasiswa, Bisa Jadi Referensi

Selain itu, calon mahasiswa juga wajib mengunggah dokumen surat keterangan bebas buta warna khusus untuk calon mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Peternakan, Fakultas Keperawatan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Teknik Geologi.

Calon mahasiswa juga wajib mengunggah file foto berukuran 4 x 6 cm berformat jpg atau pdf maksimal berkuran 1 MB. Foto berlatar belakang putri dan menggunakan kemeja dengan blazer berwarna gelap.

Peserta KIP-K Bagi calon mahasiswa yang memiliki KIPK-K atau mahasiswa tidak bersedia/menyetujui pembayaran UKT Golongan VIII wajib mengunggah dokumen tambahan berupa slip gaji orang tua/surat keterangan penghasilan.

Calon mahasiswa juga melampirkan bukti pembayaran rekening listrik terbaru tiga bulan terakhir atau bukti pembayaran PBB tiga tahun terakhir; foto tempat tinggal tampak depan mencakup batas kanan dan kiri secara lengkap, dan foto kendaraan yang dimiliki (opsional).

Bagi calon mahasiswa yang mendaftar KIP-K wajib mengunggah Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, surat keterangan tidka mampu yang dikeluarkan kecamatan; surat permohonan asrama (format dapat diunduh).

Kemudian diperlukan formulir verifikasi (dapat diunduh); surat permohonan KIP-K (dapat diunduh); surat pernyataan KIP-K (dapat diunduh). Dokumen formulir dan surat permohonan KIP-K harus dipindai dan difoto dari dokumen asli. Berformat digital jpg atau pdf dengan ukuran maksimal 1 MB.

“Unpad akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa. Apabila diperlukan Unpad akan menghubungi nomor handphone atau alamat email calon mahasiswa bersangkutan untuk memastikan keabsahan dokumen,” pungkasnya.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “Ketentuan Registrasi Ulang untuk Calon Mahasiswa Unpad Jalur SNBT 2023

Baca Juga  Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 15 Jurusan Teknik yang Lulusannya Dibutuhkan dan Diburu di Dunia Industri
Comments
Loading...