Luar Biasa, Biaya Kuliah di Juilliard School Incaran Putri Ariani Capai Rp1,2 Miliar

Juilliard School, salah satu sekolah musik terbaik dan terkenal biayanya yang mahal

JurnalGuru.id – Juilliard School merupakan salah satu sekolah di Amerika Serikat yang cukup menarik perhatian. Apalagi sekolah tersebut menjadi incaran Putri Ariani, sang peraih Golden Buzzer di America’s Got Talent.

Berbagai apresiasi datang untuk Putri Ariani. Salah satunya adalah dari Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim yang kabarnya akan memberikan beasiswa penuh untuk peraih Golden Buzzer tersebut di sekolah impiannya.

Melalui program Beasiswa Indonesia Maju (BIM) memungkinkan cita-cita Putri Ariani untuk bersekolah di Juilliard School semakin dekat menuju kenyataan.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Untuk bersekolah di Juilliard School yang notabene merupakan salah satu sekolah musik terbaik ini memang terkenal akan biayanya yang mahal.

Rincian Biaya Sekolah Juilliard School

Sebagian besar mahasiswa yang masuk ke sekolah musik bergengsi ini, mereka akan tinggal di asrama dengan kamar ganda.

Bagi yang penasaran tentang seberapa besarnya biaya untuk sekolah di Juilliard School, berikut ini rinciannya yang dilansir dari laman Juilliard Campus Life.

Biaya kuliah : USD 53.300 (Rp 792 juta)

Kamar ganda termasuk makanan : USD 21.340 (Rp 317 juta)

Asuransi Kesehatan Pelajar : USD 3.000 (Rp 44 juta)

Biaya Orientasi : USD 250 (Rp 3,7 juta)

Buku dan perlengkapan : USD 4.000 (Rp 59 juta)

Transportasi : USD 2.002 (Rp 29,7 juta)

Total biaya : USD 83.892 (Rp Rp 1,2 miliar)

Itulah biaya yang perlu disiapkan untuk tahun akademik 2023-2024. Biaya Rp 1,2 miliar untuk satu tahun tentulah merupakan angka yang tidak sedikit.

Tak heran bila Juilliard School dikenal sebagai sekolah idaman bagi para penggiat musik atau yang punya passion besar di dunia hiburan tersebut di dunia.

Baca Juga  Yuk Daftar, Beasiswa BRI Beri Biaya Kuliah hingga Uang Saku dan Laptop

Nadiem dicibir netizen

Sementara itu niat Mendikbudristek Nadiem Makarim menjanjikan Beasiswa Indonesia Maju (BIM) buat Putri menuai respons negatif dari netizen. Pasalnya, beasiswa yang diberikan Nadiem dinilai bukan cuma karena prestasi Putri, melainkan mesti viral lebih dulu.

“Selain Putri banyak yang layak dapet beasiswa. Hanya saja mereka enggak bisa viral. Yang saya kritisi jelas, base on viral ini cuma jadi bancakan orang-orang politis semata. Kalian harus tau itu,” cuit penyiar siniar podkesbli, Saka, dalam akun Twitternya @ngurahsaka dikutip Medcom.id pada Selasa (13/6/2023).

Terlebih, kata dia, Putri juga memiliki kemampuan finansial yang baik. Pasalnya, ia mampu ke Amerika Serikat untuk ikut America’s Got Talent dengan dana pribadi.

“Banyak yang lebih membutuhkan Pak Nadiem dan terutama urus dulu gaji guru tuh,” cuit Saka.

Dia menilai kejadian ini tak boleh berlanjut di kemudian hari. Sebab, menuju 2024 potensi politisi memanfaatkan talenta Indonesia berbasis viral akan meningkat.

“2024 Indonesia harus berhenti memprioritaskan jalur-jalur viral ini. Mau apa pun keadaannya. Walau keuntungannya besar, tapi sampai kapan mau menyentuh masyarakat akar rumput,” tulis dia.

Cuitan Saka kini tengah viral. Banyak netizen satu pendapat dengan Saka. Sejak dicuitkan pada Selasa, 13 Juni 2023 pukul 6.40 WIB hingga pukul 17.00 WIB, cuitan tersebut telah dicuitkan ulang atau re-tweet sebanyak 4.799 kali.

Kemudian, dicuitkan ulang dengan kutipan sebanyak 788 kali. Sementara ini, cuit tersebut telah mendapat like 19.500 kali dan disimpan 639 akun twitter lainnya.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “Rincian Biaya Juilliard School, Sekolah Musik Terbaik Incaran Putri Ariani

Comments
Loading...