Ini 4 Peluang Kerja Menjanjikan bagi Lulusan SMK Jurusan Usaha Layanan Pariwisata

Sektor pariwisata di Indonesia terus mengalami kebangkitan dan perkembangan dari waktu ke waktu.

JurnalGuru.id – Industri pariwisata merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Pada jenjang SMK, ada jurusan Usaha Layanan Pariwisata yang memiliki peluang kerja luas bagi lulusannya.

Sektor pariwisata di Indonesia terus mengalami kebangkitan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang banyak menyimpan keindahan alam yang memukau.

Wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara pun tertarik healing ke Indonesia karena industri pariwisata yang mengalami kebangkitan dan perkembangan pesat dari waktu ke waktu.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Indonesia pun bukan hanya Bali, pemerintah saat ini memiliki program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Prioritas untuk mengembangkan 10 Bali baru sebagai destinasi wisata.

Di antaranya ada Danau Toba di Sumatra Utara, Gunung Bromo Tengger di Jawa Timur, Kepulauan Seribu di Jakarta, Labuan Bajo di NTT, Morotai di Maluku Utara, hingga Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

Jurusan pariwisata pun ada di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), yaitu jurusan Usaha Layanan Pariwisata (ULP) yang memiliki prospek karier yang menjanjikan.

Dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, berikut prospek kerja yang bisa dimiliki oleh lulusan jurusan Usaha Layanan Pariwisata.

1. Travel Consultant

Seorang travel consultant akan sering berhubungan dengan pembuatan rencana perjalanan yang disesuaikan dengan anggaran belanja konsumen.

Lulusan ini juga berkewajiban untuk memberikan informasi lengkap mengenai harga paket perjalanan, kelebihan, hingga kekurangan dari masing-masing paket perjalanan.

“Sebagai seorang travel consultant, mereka biasanya akan mengurusi mulai dari persiapan perjalanan, akomodasi yang digunakan, hingga tujuan destinasi wisata yang akan dikunjungi,” ucap Eka Purwanto, Ketua Program Keahlian Usaha Layanan Pariwisata, SMKN 6 Yogyakarta.

Baca Juga  Lulusan SMK Perlu Tahu, Ini Kisaran Gaji yang Lolos Seleksi CPNS 2023

2. Tour Guide

Saat kalian berwisata pernah tidak melihat wisatawan lain dipandu oleh seseorang untuk diberi penjelasan terkait objek-objek yang ada di tempat tersebut?

Pemandu wisata ini biasa juga disebut dengan tour guide. Peran mereka sangat penting untuk mengenalkan objek wisata ke pengunjung, terutama bagi pengunjung yang belum tahu-menahu tentang objek wisata tersebut, seperti turis.

“Seorang guide bertugas untuk menemani wisatawan selama perjalanan wisata, melindungi serta memberikan jaminan keselamatan wisatawan, dan memberikan penjelasan sebaik mungkin terkait suatu objek wisata,” ucap Eka.

3. Travel Blogger

Siapa sih yang tidak mau jalan-jalan, tapi bisa menghasilkan uang? Rasa-rasanya setiap orang pasti ingin seperti itu. Salah satu pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh lulusan jurusan ULP ialah menjadi travel blogger.

Kalian cukup menceritakan perjalanan kalian dalam sebuah blog saja. Banyak hal yang bisa kalian catat seperti tip, perlengkapan yang perlu dibawa, dan suka duka selama perjalanan.

Selain itu, dengan menjadi travel blogger kalian juga ikut berpartisipasi dalam mempromosikan destinasi wisatanya juga lo.

4. Wirausaha

Siapa sangka materi MICE yang didapatkan selama pendidikan dapat membuat kalian memiliki usaha sebuah event organizer (EO). Saat ini, bisnis EO memiliki peluang yang sangat menjanjikan.
Banyaknya event yang digelar membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menggunakan jasa EO.

Adanya materi ini, ujar Eka, sebetulnya membekali siswa untuk belajar mengoordinasikan dan berkomunikasi.

“Ilmu ini penting siapa tahu dari sekian siswa ada yang berkeinginan untuk mendirikan EO. Apalagi sekarang banyak orang yang bikin acara, tetapi tidak mau ribet, akhirnya mereka menggunakan jasa IO untuk mempercayakan kelancaran acaranya,” pungkasnya.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “4 Peluang Kerja Menjanjikan bagi Lulusan SMK Jurusan Usaha Layanan Pariwisata

Baca Juga  Lulusan Sastra Jepang Punya 10 Pilihan Profesi Menjanjikan, Ini Daftarnya

 

Comments
Loading...