Ada 4 Hal Bisa Kamu Lakukan Jika Tidak Lolos SNBT, No.1 Bisa Jadi Pilihan

4 solusi yang bisa dilakukan jika hasil UTBK menunjukkan kalian tidak lolos SNBT

JurnalGuru.id – Pengumuman hasil SNBT 2023 akan berlangsung pada 20 Juni 2023 pukul 15.00 WIB. Akan ada calon mahasiswa yang lolos dan ada juga yang tidak diterima. Lalu bagaimana jika hasil UTBK menunjukkan kalian tidak lolos SNBT 2023?

Jadwal resmi dari Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN menyatakan pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) akan berlangsung pada 20 Juni 2023 pukul 15.00 WIB.

Instagram SNPMB BPPP sebelumnya mencatat jumlah siswa yang melakukan proses pemilihan program studi dan finalisasi akun untuk pendaftaran UTBK SNBT 2023 mencapai 803.835 peserta.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Tentu dari ratusan ribu pendaftar tidak akan semuanya diterima di jalur UTBK SNBT 2023. Akan ada banyak peserta yang sudah berjuang di tes namun pada saat pengumuman 20 Juni 2023 nanti dinyatakan tidak lulus SNBT.

Lalu bagaimana jika tidak lulus SNBT 2023? Dikutip dari Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kemendikbudristek, berikut 4 solusi yang bisa dilakukan.

1. Coba Lagi di Seleksi Mandiri PTN

Jalur nasional penerimaan mahasiswa baru memang hanya ada dua yaitu SNBP dan SNBT. Namun jika kalian tidak lolos SNBT, masih ada peluang di seleksi mandiri. Selain itu juga ada Seleksi Bersama PTKL (Perguruan Tinggi Kementerian Lain) yang juga bisa dieksplor.

Maka, jangan tertunduk lesu, segera siapkan diri kalian untuk menghadapi rangkaian tes di seleksi mandiri.

2. Sekolah Kedinasan bagi yang Ingin Menjadi PNS atau Prajurit

Saat ini peluang untuk melanjutkan kuliah terbuka lebar. Jika kalian enggan ikut seleksi mandiri PTN, pertimbangkan seleksi Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan seperti di PKN STAN, Akademi Kepolisian, STIS, Akademi Militer, ataupun Poltek SSN patut menjadi pilihan bagi kalian yang gagal di SNBT.

Biasanya masing-masing sekolah tinggi memiliki persyaratan tertentu untuk kalian penuhi jika ingin studi di sana. Maka tidak ada salahnya untuk persiapkan diri mulai dari sekarang.

3. Coba Daftar di Perguruan Tinggi Swasta

Sejatinya, perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia banyak yang bermutu dan berkualitas. Bahkan sekarang ini banyak kampus swasta yang menyediakan pembelajaran yang kualitasnya tak kalah dengan kampus negeri.

Jika khawatir dengan kendala biaya, kalian bisa mencari informasi beasiswa yang tersedia di laman kampus swasta masing-masing.

4. Memilih untuk Gap Year

Jika kalian masih butuh waktu untuk beristirahat dan mempersiapkan diri lebih matang, gap year bisa menjadi pilihan tersendiri.

Gap year bukan berarti gagal. Ini adalah proses untuk mengambil waktu sejenak untuk dapat melangkah lebih jauh.

Selama menjalani gap year, kalian bisa membuka usaha, ikutan magang atau program belajar lain, gabung di program kursus, ataupun belajar lebih banyak untuk ikut di seleksi tahun depan.

Demikian 4 hal yang bisa kalian lakukan jika tidak lolos SNBT. Semoga informasi ini bermanfaat.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “Bagaimana Jika Tidak Lolos SNBT? Ini 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Baca Juga  Tips Pilih Jurusan saat Daftar SNBP 2023 dari Panitia SNPMB
Comments
Loading...