Kisah Mahasiswa Unair Buka Rahasia Taklukkan Beasiswa LPDP

Menurut Febriyanti Amol, setiap jalur di LPDP memiliki target yang berbeda.

JurnalGuru.id – Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) menjadi salah satu beasiswa populer di negeri ini. Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang sulit untuk diraih pejuang kuliah. Lalu adakah kiat tersendiri untuk meraihnya?

Pada sosialisasi Beasiswa LPDP RI yang digelar Kelurahan LPDP Universitas Airlangga (Unair) ada empat awardee beasiswa LPDP yang hadir sebagai pembicara.

Salah satu pembicara dalam sosialisasi itu Febriyanti Amol merupakan penerima beasiswa LPDP tahun 2021. Ia lolos melalui jalur afirmasi dan kini tengah menempuh pendidikannya di program S3 Ilmu Manajemen Unair.

Jangan Lewatkan
1 of 96

Menurutnya, setiap jalur di LPDP memiliki target yang berbeda. Calon pendaftar wajib mengetahui jalur mana yang akan mereka ambil berdasarkan kriteria yang tepat.

“Untuk teman-teman yang bukan dari targeted, atau ASN, TNI, atau Polri bisa mendaftar di jalur umum. Sementara itu kalau misalkan teman-teman dari daerah afirmasi, atau daerah 3T, putra-putri papua, atau teman teman penyandang disabilitas bisa mendaftar di jalur afirmasi,” katanya, dikutip dari laman Unair, Rabu (7/6/2023).

Keperluan berkas pada masing-masing jalur pendaftaran memiliki perbedaan dan menjadi seleksi tahap awal. Calon pendaftar dapat membaca panduan tersebut pada laman LPDP Kementerian Keuangan.

Kunci Mengerjakan Seleksi Bakat Skolastik

Setelah lolos seleksi berkas, pendaftar beasiswa LPDP adalah Seleksi Bakat Skolastik kecuali penyandang disabilitas.

Tiga bagian penting dalam tahap ini adalah tes verbal, kuantitatif, dan pemecahan masalah. Pada tahap ini, Febriyanti mengungkapkan bahwa pendaftar harus mengatur waktu dan menjawab keseluruhan soal.

“Pastikan teman-teman me-manage waktu dengan tepat. Waktunya cuma 90 menit (untuk 60 soal, red), satu soal hanya butuh waktu 1,5 menit,” ungkap Febriyanti.

Baca Juga  Yuk Daftar, 8 Kampus BUMN Beri Beasiswa untuk Lulusan SMA dan SMK

“Tidak perlu takut karena ketika teman-teman menjawab salah tidak akan mengurangi skor. Jadi jika tidak bisa isi saja, siapa tahu benar,” lanjutnya.

Kunci Wawancara sebagai Seleksi Substansi

Dia menekankan persiapan matang sangat penting pada tahap wawancara. Pasalnya, pendaftar harus memenuhi ketetapan passing grade dan mendapatkan pernyataan rekomendasi pewawancara bahwa pendaftar tersebut layak. Maka dari itu, pendaftar harus melakukan persiapan sebelum melakukan wawancara.

“Pahami semua data diri yang semua teman-teman isi. Jangan sampai ngisinya apa dan jawabnya apa,” tutur Febriyanti.

Informasi terkait list pertanyaan banyak bertebaran, maka harus disiapkan jawaban dan pikirkan pertanyaan lanjutan. Lalu latihan wawancara, salah satunya dengan mengikuti mockup interview.

Lebih lanjut, Febriyanti juga menyebut kunci kesuksesan wawancara terletak pada prosesi wawancara. Pendaftar wajib untuk menjaga etika dan esensi jawaban pada prosesi tersebut.

“Menjaga etika dan sopan santun saat wawancara, manajemen emosi. Teman-teman tetap fokus, tonjolkan strong point. Terus, prioritas jawaban dari jawaban teoritis dan jawaban pendukung lainnya,” terangnya.

“Jawaban konsisten dan to the point, persiapan bahasa Inggris, jangan berbohong dan jangan sampai merendahkan instansi lain,” paparnya.

Pendaftar beasiswa LPDP 2023 tahap II dapat mulai melakukan registrasi pada Jumat (9/6/2023). Pesan terakhirya, kepada calon pendaftar untuk tetap semangat dan tidak bosan untuk terus menimba informasi dari media mana pun.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “Begini Kunci Taklukkan Beasiswa LPDP dari Mahasiswa Unair

Comments
Loading...