Buruan Daftar, Program Bangkit Batch 2 Diperpanjang hingga 30 Juni 2023

Peserta akan dilatih langsung oleh mentor dari Google Indonesia

JurnalGuru.id – Pendaftaran Program Bangkit Batch 2 Tahun 2023 masih dibuka. Pendaftaran diperpanjang hingga akhir bulan Juni.

“Kita memperpanjang pendaftaran, dibuka sampai 30 Juni 2023,” kata Product Marketing Manager Google, Dora Songco, dalam Sosialisasi Bangkit 2023, Senin (5/6/2023).

Program ini bertujuan menciptakan talenta muda yang mahir di bidang teknologi dan digital. Peserta akan dilatih langsung oleh mentor dari Google Indonesia.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Dora mengatakan lewat program ini, peserta Bangkit juga mendapat persiapan karier. Peserta diharapkan menjadi talenta digital berkaliber tinggi setelah lulus program Bangkit.

Pihaknya berharap peserta program Bangkit terus bertambah. Sebanyak 4.000 peserta ditargetkan ikut program Bangkit Batch 2 Tahun 2023.

“Di batch 2 ini minimum kita menerima 4 ribu peserta,” beber dia.

Program Bangkit sudah hadir sejak 2020. Talenta dipersiapkan untuk berinovasi melalui Bangkit.

Lulusan Bangkit diharapkan mampu berkarier dan berinovasi baik di perusahaan teknologi kelas dunia maupun startup. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman g.co/bangkit atau di laman Kampus Merdeka.

Persyaratan Program Bangkit 2023

* Mahasiswa aktif D4 atau S1, minimal semester 5, di kampus terakreditasi bagi S1 atau politeknik di Indonesia bagi D4. Untuk mahasiswa D3, minimal semester 3.

* Memberikan surat komitmen dan surat rekomendasi universitas.

* Mampu berkomitmen 40+ jam pembelajaran (penuh waktu) per minggu dan menyelesaikan semua tugas di tiap semester.

* Tidak melakukan kegiatan paruh waktu atau penuh waktu lainnya selama mengikuti Bangkit 2023, seperti bekerja, magang, pengabdian masyarakat, volunteering, dan lain-lain.

Baca Juga  Keren, 38.817 Mahasiswa Daftar Program Wirausaha Merdeka, Opsi Karier Rintis Usaha Sendiri

* Dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris, oral dan verbal.

Ditargetkan 9.000 Mahasiswa

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudrsitek) kembali menggelar Program Bangkit pada 2023. Program ini bertujuan menciptakan talenta muda yang mahir di bidang teknologi dan digital.

“Pada tahun ini target kita total 9 ribu peserta dan kita sedang menuju ke sana,” kata Product Marketing Manager Google Dora Songco dalam Sosialisasi Bangkit 2023, Senin (5/6/2023).

Dia membeberkan saat ini peserta program Bangkit Batch 1 Tahun 2023 tengah menjalani studi. Jumlahnya mencapai setengah dari target.

“Mereka yang sudah mulai dari Februari 2023 kemarin itu sudah ada 5.014 yang ikut,” beber dia.

Pendaftaran Bangkit Batch 2 Tahun 2023 masih dibuka hingga 30 Juni 2023. Pihaknya menargetkan 4.000 mahasiswa ikut program ini.

“Ini minimum kita akan menerima 4 ribu, bahkan lebih,” tutur dia.

Kemendikbudristek Dukung Dana Lulusan Bangkit

Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek, Nizam, mengatakan pihaknya menunggu karya dari lulusan program Bangkit. Inovasi bisa berupa teknologi atau sistem operasi, bahkan aplikasi.

Dia memastikan Kemendikbudristek siap mendukung apabila lulusan Bangkit ingin menghadirkan sebuah karya. Bahkan, kementerian menyiapkan dana untuk hal tersebut.

“Yang karyanya bagus akan ada kesempatan mendapatkan pendanaan untuk memunculkan proyek yang dia buat,” ujar Nizam dalam sosialisasi program Bangkit, Senin, 5 Juni 2023.

Nizam mendorong karya yang dihasilkan merupakan terobosan terbaru dalam teknologi. Terpenting, kata dia, bermanfaat.

“Di mana produk yang dihasilkan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar dia.

Nizam mengungkapkan keberadaan talenta digital sangat dibutuhkan. Talenta digital akan mendorong transformasi digital di Tanah Air.

“Karena era digital ini tentu talenta digital menjadi kebutuhan dan kebutuhannya sangat tinggi. Jadi kami harapkan mahasiswa bisa bergabung di Bangkit, lulus dan menjadi penggerak transformasi,” tutur dia.

Baca Juga  29 Sekolah Kedinasan 2023 Buka Pendaftaran 1 April

(Sumber: Medcom.id)

Artikel ini telah tayang di Medcom.id dengan judul “Pendaftaran Bangkit Batch 2 Diperpanjang Hingga 30 Juni 2023, Yuk Daftar! 9.000 Mahasiswa Ditargetkan Ikut Program Bangkit 2023 dan Lulusan Bangkit Bikin Inovasi, Bisa Dapat Pendanaan dari Kemendikbudristek

Comments
Loading...