Yuk Daftar, MSIB Angkatan 5 Masih Dibuka, Ini Syaratnya

MSIB angkatan 5 tahun 2023 akan membuka hingga lebih dari 52 ribu lowongan magang dan studi independen

JurnalGuru.id – Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) kembali dibuka untuk angkatan yang kelima. Pendaftaran masih dibuka hingga 7 Juni 2023.

Program MSIB merupakan salah satu bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam memperoleh pembelajaran dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan kampus.

Program MSIB memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk magang atau kursus dengan proyek akhir di perusahaan kelas dunia, instansi pemerintahan, BUMN, hingga organisasi nonprofit.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Program MSIB pertama kali diluncurkan pada 2021. Selama pelaksanaannya, program ini telah diikuti lebih dari 93 ribu mahasiswa dari 700 perguruan tinggi di bawah koordinasi Kemendikbudristek yang berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Lebih dari 250 instansi, organisasi, kementerian, dan lembaga pun telah terlibat dalam pelaksanaan program, sebagai mitra magang maupun studi independen. Untuk MSIB angkatan 5 tahun 2023 akan membuka hingga lebih dari 52 ribu lowongan magang dan studi independen.

Bagi mahasiswa yang tertarik ikut MSIB, berikut persyaratan dan dokumen yang diperlukan dilansir dari laman resmi kampusmerdeka.kemdikbud.go.id:

Persyaratan Mahasiswa

1. Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.

2. Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia – dengan catatan kampus berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

3. Data Mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.

Baca Juga  Pendaftaran Guru PPPK 2023 Dibuka sampai 9 Oktober 2023, Ini Peryaratan hingga Sistem Penilaiannya

4. Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.

5. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat program MSIB dimulai:

D2: minimal semester 3

D3: minimal semester 4

D4 dan S1: minimal semester 5

Ketentuan Lainnya untuk MISB Angkatan 5

1. Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (full time) serta berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan program MSIB hingga selesai.

2. Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten/ kota/ provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh Mitra serta bersedia melakukan vaksinasi booster untuk keperluan mobilisasi.

3. Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar)/penerima beasiswa lainnya dari Kemendikbudristek dapat mengikuti program magang dengan ketentuan besaran bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari bantuan biaya hidup yang diterima dari beasiswa kemdikbudristek.

4. Menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.

Persyaratan Dokumen

1. Tidak ada template baku untuk dokumen ini, namun dimohon menggunakan format file pdf. Mahasiswa dapat membuatnya dengan kreativitas masing-masing.

2. Transkrip nilai terbaru. Jika transkrip terbaru belum tersedia, silakan gunakan transkrip terakhir lalu perbarui dokumen melalui menu “Lengkapi Dokumen” di akun Mahasiswa ketika transkrip baru sudah ada.

3. Surat Rekomendasi yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)

4. Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak Mahasiswa yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)

Baca Juga  Buruan Daftar, Program Gelar Beasiswa Indonesia Bangkit Diperpanjang hingga 10 Juli 2023

5. Foto / Scan KTP, pastikan hasil scan jelas dan tidak buram.
Sertifikat pengalaman organisasi (opsional). Jika ingin melampirkan beberapa sertifikat, silahkan menggabungkannya menjadi satu file.PDF dengan ukuran maksimal 5MB.

Informasi lebih lanjut terkait Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) bisa mengunjungi laman: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/.

(Sumber: Medcom.id)

Artikel ini telah tayang di Medcom.id dengan judul “Pendaftaran MSIB Angkatan 5 Sudah Dibuka, Cek Persyaratannya

Comments
Loading...