Yuk Daftar, Seleksi Masuk Politeknik Pariwisata 2023 Masih Dibuka, Kuliah Langsung Kerja

Pendaftaran SBM Poltekpar dilakukan secara online

JurnalGuru.id – Seleksi Bersama Politeknik Pariwisata (SBM Poltekpar) masih membuka pendaftaran hingga 27 Mei 2023 mendatang. Simak ketentuan dan persyaratannya untuk calon mahasiswa baru .

SBM Poltekpar adalah pola seleksi bersama yang terintegrasi dan terpadu berdasar nilai tes. SBM Poltekpar berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pendaftaran SBM Poltekpar dilakukan secara online dan begitu juga proses pembayarannya. Ujian akan dilangsungkan pada 7 Juni dan pengumuman kelulusan pada 24 Juni 2023.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Politeknik Pariwisata merupakan perguruan tinggi di bawah Kemenparekraf dengan pola non ikatan dinas. Politeknik Pariwisata yang masuk SBM Poltekpar adalah:

1. Politeknik Pariwisata NHI Bandung
2. Politeknik Pariwisata Bali
3. Politeknik Pariwisata Medan
4. Politeknik Pariwisata Makassar
5. Politeknik Pariwisata Palembang
6. Politeknik Pariwisata Lombok

Bagi kalian yang ingin kuliah langsung kerja, bisa segera mendaftar ke SBM Poltekpar 2023 yang masih membuka pendaftaran hingga 27 Mei 2023 mendatang. Berikut informasinya dikutip dari laman SBM Poltekpar.

Tata Cara Mengikuti SBM Poltekpar

1. Calon Peserta melakukan Registrasi Awal, dengan mengisi formulir Registrasi Awal yang telah disediakan melalui menu Daftar.
2. Untuk memastikan alamat email yang digunakan valid, maka pendaftar akan menerima OTP melalui email dengan meng-klik “Kirim OTP”
3. Isikan OTP yang dikirim melalui email
4. Lengkapi formulir Registrasi Awal
5. Klik “Daftar”
6. Calon Peserta akan menerima email (1) yang berisi Nomor “Virtual Account” untuk melakukan pembayaran, (2) yang berisi informasi Username (No. Pendaftaran) dan Password
7. Untuk memperlancar pembayaran sebaiknya dilakukan melalui Bank yang mengeluarkan Virtual Account.
8. Jika telah melakukan Pembayaran, Calon Peserta wajib melengkapi data pendaftaran dengan cara login melalui menu SIGN-IN
9. Calon Peserta meng-upload pas foto untuk Kartu Peserta Seleksi (KPS)
10. Calon Peserta diwajibkan untuk segera men-download / men-cetak KPS yang akan dipakai sebagai bukti keikutsertaan dalam SBM Poltekpar
11. Peserta menunggu pelaksanaan ujian, jadwal pelaksanaan ujian akan disampaikan melalui laman SBM Poltekpar. Disarankan untuk selalu memantau laman SBM Poltekpar untuk mengetahui informasi terbaru.

Baca Juga  Yuk Daftar, Ada 9 Beasiswa Penuh ke Luar Negeri Jenjang S1 hingga S3 Masih Dibuka

Ketentuan Memilih Prodi dan Lokasi Seleksi

1. Setiap Calon Peserta dapat memilih 3 (tiga) Program Studi dari 6 (enam) Politeknik Pariwisata
2. Setiap Calon Peserta wajib membaca dan memahami persyaratan kesehatan atas Program Studi yang akan dipilih. (persyaratan kesehatan dapat dilihat pada buku Pedoman Pendaftaran)
3. Setiap Calon Peserta dapat memilih sendiri Lokasi Seleksi/Ujian berdasarkan lokasi Politeknik Pariwisata dilingkungan Kementerian Pariwisata.dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Kemenparekraf/Baparekraf)

Urutan pilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan.
Daftar Program Studi SBM Poltekpar dapat dilihat pada menu Prodi.

Catatan: Pada saat registrasi awal, hanya disediakan 1 pilihan program studi (pilihan 1), pilihan 2 & 3 dilakukan pada saat melengkapi data pendaftar dan program studi pilihan 1 tidak dapat diubah/diganti kecuali pilihan 2 dan pilihan 3.

Biaya

1. Biaya Pendaftaran, sebagai berikut:

– Biaya Pendaftaran bagi Pendaftar Warga Negara Indonesia (WNI), adalah sebesar Rp250.000,-
– Biaya Pendaftaran bagi Pendaftar Warga Negara Asing (WNA) adalah sebesar Rp1.000.000,-

2. Biaya Pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan oleh masing-masing peserta pada lembaga pemeriksa kesehatan di daerah masing-masing, biaya pemeriksaan tergantung dari masing-masing lembaga pemeriksa kesehatan.

Prinsip, Mekanisme, dan Tahapan Seleksi

Seleksi dilakukan berdasarkan prinsip:

– Mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan metode Tes Skolastik, Wawancara dan Pemeriksaan Kesehatan;
– Menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing Poltekpar Kemenpar/Baparekraf secara adil, akuntabel, dan transparan

Seleksi dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

– Peserta diseleksi berdasarkan urutan pilihan program studi.
– Peserta yang tidak masuk pada kriteria kelulusan pilihan pertama akan diseleksi pada pilihan selanjutnya.
– Pemeriksaan Kesehatan dilaksanakan oleh masing-masing peserta pada lembaga pemeriksa kesehatan di daerah masing-masing.

Baca Juga  Buruan Daftar, Beasiswa DataPrint 2023 Masih Dibuka

Jadwal Lengkap SBM Poltekpar 2023

1. Pendaftaran, Pembayaran Formulir, dan Pencetakan Kartu Peserta Seleksi: 13 Februari-27 Mei 2023

2. Sosialisasi Ujian Masuk: 3 Juni 2023

3. Simulasi Ujian Masuk: 6 Juni 2023

4. Pelaksanaan Ujian Masuk: 7 Juni 2023

5. Pengumuman Kelulusan: 24 Juni

6. Registrasi/daftar ulang bagi yang memenuhi persyaratan kesehatan: 3 Juli-12 Juli 2023.

Prosedur Pendaftaran SBM Poltekpar 2023

1. Registrasi awal melalui menu Daftar. Sistem akan mengirimkan kode OTP melalui email yang didaftarkan dan setelah berhasil registrasi maka sistem akan mengirimkan nomor virtual account untuk pembayaran formulir dan password untuk Sign In

2. Lakukan pembayaran dengan virtual account melalui channel yang tersedia (mobile banking atau ATM) sesuai bank virtual account

3. Lakukan Sign In melalui menu Daftar dengan mengisikan No Pendaftaran dan Password untuk melengkapi Data Pendaftaran. Kemudian Unggah pasfoto dan cetak Kartu Peserta Seleksi (KPS).

Demikian informasi mengenai SBM Poltekpar 2023. Semoga informasi ini bermanfaat.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “Seleksi Masuk Politeknik Pariwisata 2023 Masih Dibuka, Mau Kuliah Langsung Kerja?

Comments
Loading...