Ini Dia 4 Kota Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri

Kuliah di luar negeri dapat memperluas relasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia

JurnalGuru.id – Bisa menempuh pendidikan di luar negeri dapat menjadi kesempatan dan pengalaman yang menarik bagi sebagian orang.

Kuliah di luar negeri tidak hanya akan menambahkan ilmu pengetahuan yang dipelajari di kampus saja.

Dengan melanjutkan studi di luar negeri, mahasiswa juga dapat memperluas relasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia dan mendapatkan banyak pengalaman menarik yang tidak bisa didapatkan di negara asal.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Namun, pemilihan kampus dan negara tujuan kuliah di luar negeri juga harus dilakukan dengan cermat agar dapat menunjang kenyamanan selama waktu belajar.

Memilih tempat yang memiliki fasilitas belajar yang mendukung hingga kota yang nyaman untuk ditinggali bisa menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan tempat tujuan kuliah.

Ada beberapa kota di dunia yang bisa menjadi rekomendasi tujuan bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di luar negeri.

Melansir dari thoughtco.com, berikut 4 kota terbaik untuk belajar di luar negeri.

4 kota terbaik untuk kuliah di luar negeri

1. Firenze, Italia

Firenzee, Venice, dan Roma merupakan tiga kota besar Italia yang menjadi tujuan studi paling favorit di Italia.

Namun dibandingkan dengan dua kota lainnya, kota yang lebih dikenal dengan sebutan Firenze bagi penduduk Italia ini lebih memikat bagi para mahasiswa internasional.

Hal ini disebabkan karena luas kota ini cenderung lebih kecil dan hampir keseluruhan wilayahnya dapat dijelajahi hanya dengan berjalan kaku,

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di sini, jurusan Art History menjadi program studi yang direkomendasikan karena Kota Firenze juga merupakan tempat kelahiran Renaisans.

Baca Juga  Prabowo Dorong Akses Pendidikan Tinggi bagi Anak Keluarga Tidak Mampu

2. Melbourne, Australia

Jika kamu lebih menyukai suasana perkotaan yang modern, maka Melbourne bisa menjadi salah satu tempat tujuan kuliah yang bisa dipilih.

Kota Melbourne merupakan salah satu kota di Australia dengan pemandangan pantai yang paling indah.

Melbourne juga menjadi pusat bagi pelajar internasional yang melanjutkan studinya di Australia. Untuk itu, akan sangat mudah untuk bertemu dan mendapatkan teman yang berasal dari berbagai negara di dunia.

Jurusan Biologi menjadi program studi yang direkomendasikan kepada calon mahasiswa yang akan berkuliah di Melbourne.

Hal ini karena Australia merupakan rumah bagi beberapa lanskap dan ekosistem paling beragam di dunia dan memiliki tempat penelitian dan eksplorasi langsung, seperti Great Barrier Reef dan Hutan Hujan Gondwana.

3. London, Inggris

Jika membicarakan soal tempat terbaik untuk belajar di luar negeri, maka Inggris akan selalu ada di dalam daftar.

London merupakan rumah bagi lebih dari 40 universitas terkemuka di dunia.

Untuk itu, calon mahasiswa pasti dapat menemukan jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat dari seluruh universitas yang ada di kota ini.

London juga memiliki penduduk yang beragam dengan komunitas mahasiswa yang luas.

Mahasiswa yang berkuliah di London bisa saling bertukar budaya saat bertemu dengan mahasiswa dari banyak negara lainnya.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk memperdalam Sastra Inggris, maka London bisa menjadi kota yang tempat untuk melanjutkan studi.

4. Shanghai, China

Bagi kamu yang suka dengan hiruk pikuk perkotaan dengan sentuhan sejarah kuno yang kuat, maka Shanghai bisa menjadi jawabannya.

Kota ultra-modern satu ini tetap mempertahankan kekhasan sejarah kuno yang dimiliki.

Di sini, kamu akan menemui banyak bangunan bersejarah di antara gedung-gedung modern.

Baca Juga  Kisah Mahasiswi Unesa Raih Beasiswa ke China, Belajar Bahasa Mandarin dari Nol

Biaya hidup di Shanghai juga masih tergolong ramah untuk mahasiswa. Transportasi umum yang lengkap juga menjadi nilai tambah bagi mahasiswa internasional yang berencana untuk melanjutkan studi di sini.

Jika kamu tertarik untuk belajar tentang bisnis, maka Shanghai merupakan kota yang tepat. Sebagai salah satu pusat bisnis internasional, Shanghai merupakan tempat yang sempurna untuk mempelajari tentang ekonomi global.

Demikian daftar 4 kota terbaik di dunia bagi kamu yang tertarik kuliah di luar negeri. Jadi kamu pilih yang mana dari 4 kota tersebut?

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “4 Kota Terbaik untuk Kuliah di Luar Negeri

Comments
Loading...