Ini Daftar 8 Jenis Beasiswa yang Paling Diminati Mahasiswa S1

Mahalnya uang kuliah hingga kini masih menjadi problematika mahasiswa yang ingin berkuliah

JurnalGuru.id – Mendapatkan beasiswa adalah salah satu impian bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Mahalnya uang kuliah hingga kini masih menjadi problematika mahasiswa yang ingin berkuliah namun masih terhalang oleh kendala biaya pendidikan.

Ada banyak komponen biaya yang dibebankan oleh mahasiswa saat pertama kali masuk. Mulai dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayarkan setiap semesternya, Dana Pembangunan Pendidikan maupun dana-dana lain yang berkaitan sepanjang masuk kuliah.

Padahal, jika kalian rajin mencari informasi di internet, banyak organisasi maupun lembaga mulai menawarkan sejumlah beasiswa S1 bagi kalian lulusan SMA yang berencana untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Apalagi beberapa beasiswa juga membebaskan penerimanya dari biaya kuliah secara langsung.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Jangan khawatir teman-teman, sekarang ini jangan pernah menganggap bahwa alasan terkendala biaya menjadi penghalang untuk melanjutkan pendidikan. Ada banyak jenis beasiswa yang bisa dicoba dan tersedia di perguruan tinggi. Apalagi sekarang jalur beasiswa makin diperluas cakupannya.

Tidak hanya diperuntukkan bagi keluarga yang kurang mampu saja. Ada banyak jalur lainnya misalnya beasiswa untuk prestasi akademik, beasiswa untuk prestasi non-akademik, beasiswa penghafal Al-Qur’an atau Hafiz bahkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri juga ada.

Tapi beasiswa yang disediakan baik dari pihak kampus, organisasi maupun pihak penyelenggara swasta punya kriteria sendiri-sendiri. Jadi, make sure perlu tahu juga ya!

Kalau penasaran apa saja macam-macam beasiswa yang paling diminati oleh calon mahasiswa, mendingan kepoin langsung lewat artikel berikut ini! Kalau mau coba beasiswanya, simpan baik-baik informasinya dan jangan lupa apply ya!

1. Beasiswa BCA Finance
Beasiswa pertama yang bisa dicoba adalah Beasiswa BCA Finance. BCA sebagai salah satu bank swasta di Indonesia memberikan kesempatan kepada mahasiswa/mahasiswi berprestasi yang sedang menempuh pendidikan di jenjang Sarjana (S1) semua jurusan di perguruan tinggi negeri dan swasta.

Beasiswa BCA Finance yang diberikan berlaku selama mahasiswa menempuh pendidikan dalam rentang waktu normal yaitu 8 semester.

Dalam menentukan penerima beasiswa, BCA melakukan proses seleksi yang ketat terhadap para pendaftar agar beasiswa yang diberikan dapat diterima oleh mahasiswa yang benar-benar membutuhkan. Syarat untuk mendapatkan beasiswa BCA Finance adalah IPK minimal 3,00 untuk PTN dan minimal 3,40 untuk PTS.

Baca Juga  Kisah Mahasiswa Unair Buka Rahasia Taklukkan Beasiswa LPDP

2. Beasiswa Bidikmisi
Selanjutnya adalah beasiswa Bidikmisi. Jenis beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu. Beasiswa Bidikmisi diberikan sejak mahasiswa ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi di perguruan tinggi.

Untuk S1 atau Diploma IV beasiswa diberikan hingga 8 semester, D3 maksimal 6 semester, D2 maksimal 4 semester, dan D1 maksimal 2 semester.

Selain itu diberikan juga beasiswa untuk program profesi, di antaranya dokter maksimal 4 semester, dokter gigi maksimal 4 semester, dokter hewan maksimal 4 semester, serta Ners dan Apoteker maksimal 4 semester.

3. Beasiswa KIP Kuliah
Ada lagi nih kawan, beasiswa KIP kuliah yang juga bisa kamu manfaatkan ketika ingin masuk ke perguruan tinggi. Program KIP-K atau Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah merupakan program bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah melalui Kemendikbudristek yang bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Salah satu tujuan diadakannya program KIP Kuliah ini yaitu meningkatkan perluasan akses dan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi (PT) bagi mahasiswa WNI yang tidak mampu secara ekonomi.

Komponen pembiayaan yang disediakan oleh beasiswa KIP Kuliah sangatlah lengkap. Mulai dari biaya pendidikan yang terdiri dari Sumbangan Pokok Pembangunan (SPP), Biaya Kuliah Pokok (BKP), Biaya Kuliah SKS, Biaya Pendaftaran Semester, Iuran Kegiatan Mahasiswa, Biaya Pengenalan Kampus, Biaya Seragam, Biaya Sidang/Ujian Akhir dan juga bantuan biaya hidup berdasarkan perhitungan besaran indeks harga lokal pada masing-masing wilayah Perguruan Tinggi.

Seluruh fasilitas pembiayaan yang disediakan pemerintah diberikan penuh selama 8 semester baik Semester Ganjil maupun Genap.

4. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik
Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), disediakan oleh pemerintah melalui Kemenristekdikti. Tujuan diberikannya beasiswa ini dikhususkan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air.

Syarat untuk mendaftar beasiswa PPA ini adalah terdaftar sebagai mahasiswa PTN/PTS di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) dengan kriteria minimal semester II dan maksimal semester IV untuk program Diploma. Sedangkan untuk program Sarjana minimal semester II maksimal semester VI.

Baca Juga  Yuk Daftar, Cara Lolos Djarum Beasiswa Plus Diungkap Mahasiswa Unair

5. Beasiswa Sampoerna Foundation
Beasiswa Sampoerna Foundation dikhususkan untuk pelajar dan mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia dibuktikan oleh Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan dokumen lainnya.

Yayasan Sampoerna menggelontorkan dana yang cukup besar untuk menjalankan program tersebut mulai tahun 2001.

Biaya yang dicakup dari program pendanaan pendidikan tersebut mulai dari biaya penuh pendidikan selama kuliah. Yang mana berarti peserta tidak perlu memikirkan uang kuliah, karena akan menjadi tanggung jawab pihak Sampoerna Foundation.

Peserta juga tidak perlu memikirkan biaya pendaftaran kuliah karena nantinya akan ditanggung oleh pihak penyelenggara.

Kemudian, untuk kebutuhan lain seperti buku dan penunjang perkuliahan lain, juga akan dibantu melalui beasiswa tersebut.

6. Djarum Beasiswa Plus
Djarum Beasiswa Plus merupakan beasiswa yang cukup populer di Indonesia, di mana targetnya adalah mahasiswa dengan prestasi tinggi di Indonesia. Biasanya, penerima beasiswa ini memiliki nama atau sebutan sebagai Beswan Djarum.

Dari beasiswa tersebut, dana yang bisa didapatkan selama satu tahun mencapai Rp750.000 setiap bulan. Ditambah lagi dengan berbagai macam pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan soft skill.

7. Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)
Mungkin sebagian dari kalian mengenal beasiswa yang satu ini. Ya, Beasiswa Monbukagakusho namanya. Beasiswa yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia ini merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang.

Komponen pembiayaan yang ditawarkan oleh beasiswa Monbukagakusho ini meliputi biaya studi dan biaya hidup yang ditanggung oleh pihak penyelenggara tanpa melalui ikatan dinas.

Setiap tahunnya, beasiswa Monbukagakusho membuka pendaftaran dan seleksi bagi para peminat beasiswa oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan konsulatnya berkedudukan di Medan, Denpasar, Makassar, dan Surabaya.

Baca Juga  Ini Dia Peluang Belajar ke Inggris, British Council Buka GREAT Scholarships 2023

Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SMA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

8. Cargill Global Scholars Program
Jenis beasiswa yang bisa kamu coba lainnya adalah Cargill Global Scholars Program. Beasiswa Cargill Global Scholars Program adalah beasiswa yang disediakan oleh Cargill, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian khusus untuk mahasiswa S1.

Cargill Global Scholars Program merupakan beasiswa yang unik karena tidak hanya menyediakan bantuan keuangan, tetapi juga memberikan kesempatan kepada penerima beasiswa untuk dapat mengembangkan potensi kepemimpinannya melalui kegiatan seminar, sesi pengembangan jaringan profesi dan kegiatan pendampingan selama masa pemberian beasiswa.

Penerima beasiswa nantinya akan menerima dana beasiswa selama 2 tahun untuk membantu mengurangi beban biaya kuliah dan menerima pengarahan dan bimbingan akademik dari para pemimpin selama masa beasiswa berjalan.

Selain beberapa jenis beasiswa yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga bisa mendapatkan beasiswa langsung dari UMN lho kawan.
Universitas Multimedia Nusantara (UMN) merupakan salah satu kampus swasta di Tangerang yang menawarkan berbagai macam jalur beasiswa kuliah bagi para calon mahasiswa dengan bermacam latar belakang.

Program Beasiswa S1 UMN dengan jalur tes beasiswa dapat dimanfaatkan untuk calon mahasiswa khusus siswa kelas XII.

Nantinya calon mahasiswa akan mendapatkan potongan biaya kuliah mulai dari uang pangkal hingga biaya semester.

Beasiswa yang ditawarkan UMN juga tersedia untuk semua jurusan S1 yang ada di UMN.

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “8 Jenis Beasiswa Paling Diminati Mahasiswa S1, Ini Daftarnya

Comments
Loading...