Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Paling Tinggi di Masa Depan

banyak siswa yang kebingungan ketika akan menentukan pilihan jurusan

JurnalGuru.id – Pemilihan jurusan untuk kuliah menjadi suatu pilihan yang paling penting ketika sedang berada di bangku kelas 12 SMA/SMK. Tak jarang, banyak siswa yang kebingungan ketika akan menentukan pilihan jurusan untuk kuliah nantinya. Namun, pada umumnya siswa memilih jurusan kuliah yang banyak peluang kerja di masa depan.

Dalam memilih jurusan, perlu persiapan dan strategi yang matang untuk memilih jurusan yang sesuai minat ke jenjang pendidikan selanjutnya. Selain minat dan kemampuan, faktor prospek kerja tentunya perlu diperhatikan untuk meniti karier pascaperkuliahan.

Saat ini, peluang kerja semakin terbuka luas dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Akan banyak sekali lowongan pekerjaan baru yang membutuhkan kreativitas, analisa mendalam, berpikir analitis, komunikatif, problem solver, dan lainnya.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Skill yang dibutuhkan di dunia kerja bisa mulai dikembangkan pada saat masih menempuh pendidikan di bangku kuliah.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui jurusan kuliah yang banyak peluang kerja dan dibutuhkan ke depannya. Kenali dan riset kembali jurusan kuliah yang diminati sehingga bisa mempersiapkan diri lebih matang.

Jangan sampai ketika sudah masuk dalam jurusan tersebut, merasa salah jurusan dan akan bermalas-malasan dalam menjalani perkuliahan.

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui jurusan kuliah yang banyak peluang kerja sehingga nantinya tidak merasa salah jurusan dan dapat mencapai pekerjaan yang diinginkan di masa depan.

Berikut 10 Jurusan Kuliah yang banyak peluang kerja di masa depan:

1. Manajemen Bisnis
Manajemen menjadi salah satu jurusan yang paling banyak peminatnya dari rumpun Soshum. Melalui jurusan ini, akan mempelajari tenatang ilmu bisnis, sumber daya manusia, strategi pemasaran, serta ekonomi juga dipelajari. Sudah banyak lulusan jurusan manajemen yang menjadi entrepreneur ataupun bekerja di berbagai bidang.

2. Ilmu Ekonomi
Saat ini seorang ahli ekonomi sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Mempelajari ekonomi dari mulai makro hingga mikro tentu akan menjadikan ahli dalam menyusun strategi dan kesejahteraan masyarakat umum.

Jenjang karier dari jurusan ilmu ekonomi sangat panjang, bisa menjadi pegawai perusahaan, dosen, atau bahkan menteri keuangan seperti Ibu Sri Mulyani yang merupakan lulusan ilmu ekonomi.

Baca Juga  Wahai Calon Mahasiswa, Penting Pilih Jurusan Kuliah agar Tak Menyesal ke Depan

3. Akuntansi
Jurusan yang satu ini menjadi incaran banyak orang di rumpun Soshum setiap universitas-universitas. Daya saing yang ketat untuk masuk jurusan ini menggambarkan betapa banyaknya peminat terhadap jurusan ini. Mempelajari cara pembukuan, jurnal, analisa keuangan, serta mengatur keuangan merupakan mata kuliah dalam jurusan ini.

Sudah banyak lulusan jurusan akuntansi yang berkarier menjadi manajer keuangan, auditor, akuntan, dan keuangan. Setiap perusahaan pastinya akan membutuhkan SDM untuk di bidang finance melalui lulusan akuntansi.

4. Ilmu Komunikasi
Senang berdiskusi? Percaya diri untuk berbicara di hadapan umum? Jago menulis? Jurusan ini akan sangat cocok untuk anda. Jurusan yang termasuk rumpun Soshum ini mempelajari bagaiamana tata cara menyampaikan pesan yang efektif dan tepat sasaran.

Lulusan dari jurusan ini banyak yang bekerja di dunia kreatif, marketing, public relation, copy writer, dan lainnya. Dengan teknologi semakin berkembang ke dunia digital tentunya lulusan ilmu komunikasi akan sangat dibutuhkan untuk divisi marketing atau creative.

5. Desain Komunikasi Visual
Saat ini media digital semakin berkembang pesat dan pengaplikasiannya melalui berbagai platform media sosial seperti, Instagram, Twitter, YouTube dan lainnya. Kebutuhan SDM yang memiliki kreativitas tinggi dalam menyampaikan pesan melalui desain visual akan sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan saat ini.

Melalui jurusan desain komunikasi visual kalian tidak hanya dituntut untuk bisa menggambar saja, namun untuk menganalisa dan menangkap hal yang unik dari suatu hal. Terdapat beberapa fokus seperti desain produk, desain interior, desain grafis, dan lainnya. Lulusan jurusan ini banyak yang berkarier menjadi desain grafis, animator, desain interior, hingga product development.

6. Teknik Perminyakan
Lulusan jurusan teknik perminyakan dikenal sebagai salah satu jurusan yang memiliki masa depan cerah. Hal tersebut dikarenakan gaji yang didapatkan cukup besar bisa di atas rata-rata namun berbanding lurus dengan resiko pekerjaannya.

Lulusan jurusan teknik perminyakan pada umumnya bekerja di Pertamina, Exxon, Chevron, Total, BP Migas, serta perusahaan kilang minyak di lepas pantai lainnya. Pada jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang minyak, namun juga akan mempelajari gas bumi, panas bumi, fisika, kimia, dan lainnya.

Baca Juga  Calon Mahasiswa Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah, Ini 11 Tips Jitu Bisa Jadi Panduan

7. Teknik Informatika
Selanjutnya, jurusan teknik informatika juga termasuk jurusan yang akan memiliki jenjang karier yang cerah di masa depan. Penggunaan tekonologi dan informasi terus berkembang sehingga lulusan teknik informatika juga semakin dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

Lowongan pekerjaan saat ini juga lebih banyak didominasi oleh bidang teknologi, karena minimnya SDM yang ada. Adapun jenjang karier lulusan teknik informatika adalah sebagai web developer, computer programmer, software programmer, full stack developer, front-end developer, backend developer, dan lainnya.

8. Sistem Informasi
Jurusan ini salah satu jurusan yang mempunyai daya saing yang tinggi karena peminatnya yang tinggi di setiap univeritas-universitas. Perusahaan akan sangat membutuhkan SDM yang handal dalam membuat keputusan penting terkait teknologi dan informasi perusahaan. Untuk lulusan sistem informasi terdapat peluang karier seperti mejadi system analyst, software developer, database administrator, dan lainnya.

9. Psikologi
Melalui jurusan ini banyak sekali peluang kerja yang bisa didapatkan ke depannya. Jurusan psikologi mempelajari mengenai bagaimana cara memahami dan menjelaskan manusia berpikir, bertindak, dan berperilaku sehari-hari.

Dalam dunia kerja posisi human resource atau yang dikenal HRD diisi oleh lulusan psikologi. Tentu saja setiap perusahaan membutuhkan HRD sehingga peluang bekerja jurusan psikologi sangat menjanjikan.

10. Ilmu Hukum
Jurusan selanjutnya yang memiliki banyak peluang kerja adalah ilmu hukum. Lulusan dari ilmu hukum bisa menjadi lawyer, konsultan hukum, hakim, jaksa dan lainnya. Tentu saja sudah banyak perusahaan yang membutuhkan posisi legal untuk meninjau hal yang berbau hukum. Kisaran gaji dalam karier hukum juga cukup tinggi sehingga memiliki jenjang karier yang cerah.

Sekian artikel mengenai jurusan kuliah yang banyak peluang kerja di masa depan nantinya. Persiapkan dan rencanakan sebaik mungkin dalam menentukan pilihan jurusan kuliah. Sesuaikan dengan minat dan kemampuan diri sehingga tidak merasa salah jurusan ketika sudah memulai perkuliahan.

Baca Juga  Ini Dia 10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Gaji Besar, Bisa Rp1 Miliar per Tahun

(Sumber: SINDOnews.com)

Artikel ini telah tayang di SINDOnews.com dengan judul “10 Jurusan Kuliah Ini Miliki Peluang Kerja Paling Tinggi di Masa Depan, Cek Daftarnya

Comments
Loading...