Doa pada Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023 dari Kemdikbud

Hari Pendidikan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk memajukan bangsa

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei di Indonesia sebagai penghormatan terhadap kelahiran Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

JurnalGuru.Id — Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei di Indonesia sebagai penghormatan terhadap kelahiran Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Hari Pendidikan Nasional bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk memajukan bangsa dan mencapai kemakmuran yang berkelanjutan.

Pada Hari Pendidikan Nasional, berbagai kegiatan dan acara diadakan untuk memperingati momen ini. Sekolah-sekolah di seluruh Indonesia mengadakan upacara bendera dan kegiatan lain yang menonjolkan arti penting pendidikan dalam pembangunan nasional. Beberapa lembaga pemerintah dan swasta juga mengadakan seminar dan diskusi tentang isu-isu pendidikan.

Sebagai masyarakat Indonesia, kita dapat berkontribusi untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan cara yang beragam, seperti memberikan donasi untuk pendidikan, menjadi relawan di sekolah-sekolah, dan terlibat dalam berbagai inisiatif dan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Jangan Lewatkan
1 of 8

Dalam kesimpulannya, Hari Pendidikan Nasional merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan dalam memajukan bangsa dan mencapai kemakmuran yang berkelanjutan. Semua pihak diharapkan dapat berpartisipasi dalam memperingati hari ini dan terus bekerja sama untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Berikut Doa lengkapnya

Assalamu’alaikum Wr. Wb. Izinkan kami memandu doa menurut agama Islam, bagi yang beragama lain, kami persilakan berdoa menurut agama dan kepercayaan masing masing.

ر ِحيم ر ْح َم ِن ال َّ بِ ْسِم هللاِ ال َّ

Dengan nama-Mu Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji untuk-Mu Tuhan semesta alam, Engkau tempat kami meminta, Engkau tempat kami memohon, kami berdoa kehadirat-Mu ya Allah. Alhamdulillah hamdas syākirin, hamdan nā’imin, hamdan yuwāfī ni’amahu wa yukāfiu mazīdah. Yā rabbanā lakal hamdu kamā yanbaghii lijalāli wajhikal karīmi wa ‘adhīmi sulthānik.

مٍد َّ ِ ِدنَا ُم َح ِل َسي َو َعلَى آ مٍد َّ ِ ِدنَا ُم َح ِي َعلَى َسي م َصل َّ ُه َّ ألل

Ya Allah. Limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW berserta keluarga-Nya.

Ya Allah, ya Tuhan kami Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Saat ini kami berkumpul dalam rangka mengikuti “Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei Tahun 2023”, untuk itu Ya Allah jadikan acara peringatan Hardiknas ini, kegiatan yang penuh rahmat, kegiatan yang membawa manfaat, dan kegiatan yang penuh dengan hikmat. Ya Robb, berkati dan ridhoi acara kami ini. 6 Wahai Tuhan yang melapangkan jalan ke surga bagi para penuntut ilmu.

Wahai Tuhan yang mengajarkan nama-nama segala sesuatu. Wahai Tuhan yang memuliakan Nabi Adam melebihi malaikat yang diciptakan lebih dahulu. Wahai Tuhan yang meninggikan derajat kaum beriman dan pewaris ilmu. Anugerahi kami sedikit dari banyaknya ilmu pengetahuan-Mu, yakni ilmu yang bermanfaat, agar tak sesat langkah kami menuju ridho-Mu. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, Ya Rahman, Ya Rahim.

– Jadikanlah Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 ini sebagai momentum terbaik untuk serentak bergerak mewujudkan Merdeka Belajar.

– Mudahkanlah cita-cita kami untuk mempersiapkan putra-putri kami menuju Indonesia Emas tahun 2045. Ya Allah, Tuhan yang Maha Pengampun. Lapangkanlah hati kami agar selalu dalam naungan rahmat-Mu dan bantulah kami agar selalu berada dalam petunjuk-Mu.

Janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami

. َر ِب ا ْش َر ْح ِلي َص ْدِري، َر َش ًدا. ْمِرنَا َ ِ ْئ لَنَا ِم ْن أ َو َهي ُدْن َك َر ْح َمةً َّنَا آتِنَا ِم ْن لَ َرب ْمِري َ َويَ ِ س ْر ِلي أ ِر َّا َوقِنَا َعذَا َب الن َوفِي ا ْْل ِخ َرةِ َح َسنَةً دْنيَا َح َسنَةً َّنَا آتِنَا فِي ال ُّ َرب

Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yasifun Wa salamun ‘alal mursalin ِمي َن عالَ ْ َر ِب ال َّللِ َح ْمُد َّ ْ َو اَل Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Sumber : Kemendikbud

Comments
Loading...