Simak Tips Lolos UTBK SNBT 2023 dari Dosen Unesa untuk Calon Mahasiswa

untuk bisa lolos UTBK SNBT 2023, calon peserta harus tahu trik dan persiapan yang matang.

JurnalGuru.id – Tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) bakal dimulai pada 8 Mei 2023.

Seluruh siswa yang menjadi peserta tentu ingin lolos dan masuk PTN pilihannya. Hanya untuk bisa lolos UTBK SNBT 2023, calon peserta harus tahu trik dan persiapan yang matang.

Kepala Sub Direktorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Dr. Sukarmin memberikan tips lolos UTBK SNBT 2023.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Dosen yang homebase di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu menghimbau pada para peserta yang sudah mendaftar untuk mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Ada perbedaan jenis tes UTBK tahun lalu dengan yang tahun ini menggunakan TPS atau tes potensi skolastik.

Adapun yang diukur yaitu kemampuan kognitif, kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif yang mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Panitia pusat sudah menyediakan situs untuk latihan.

Ia mengatakan peserta bisa melatih diri untuk paling tidak agar bisa mengerti gambaran materi soal yang dites.

Ini perlu dilakukan peserta karena kelulusan ditentukan oleh hasil tes. Jika jalur rapor atau SNBP masih ada faktor indeks dan akreditasi sekolah. Namun, di jalur ini murni berdasarkan hasil tes peserta.

Sukarmin menegaskan bahwa nilai tes UTBK tidak berdasarkan passing grade atau standar persentase nilai yang diperoleh peserta. Tetapi didasarkan pada nilai tertinggi dan kuota prodi.

Sebagai contoh, prodi Sastra Jerman di Unesa membuka kuota 70 mahasiswa baru. Sementara yang mendaftar di prodi tersebut yaitu 100 pendaftar.

Baca Juga  Ini Skor Minimal Nilai UTBK UGM untuk Lolos Jalur SNBT 2023

Lalu hasil UTBK 100 peserta tersebut akan diurut mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah.

“Nilai tes dari pendaftar itu nanti akan diranking mulai dari urutan pertama sampai ke-100. Nah, peserta yang nilainya nomor 1 sampai 70 itu lah yang diambil. Makanya, semakin sedikit persaingannya di prodi, semakin besar peluangnya. Nah, adik-adik yang bersaing dengan banyak peserta, harus berusaha mendapatkan nilai terbaiknya,” kata Sukarmin dilansir dari laman Unesa.

“Selamat mempersiapkan diri sebaik mungkin ya adik-adik. Jangan lupa latihan menjawab soal dan menguasai cakupan materi yang akan dites,” imbuh dia.

Sementara, jumlah pendaftar yang memilih Unesa pada UTBK SNBT pada jalur tersebut mencapai 40.920 peserta. Ada kenaikan sekitar 1.054 pendaftar dari 39.866 pada jalur yang serupa tahun lalu.

Ia mengatakan bahwa kenaikan angka tersebut terjadi di semua aspek. Dengan kata lain, peserta yang memilih Unesa baik sebagai prodi pilihan pertama maupun pilihan kedua sama-sama mengalami kenaikan.

Dari data yang masuk, Sukarmin mengatakan ada sepuluh program studi (prodi) Unesa yang paling diminati peserta jalur SNBT yaitu:

1. Psikologi diminati 2.408 pendaftar.

2. Manajemen diminati 1.950 pendaftar.

3. PGSD diminati 1.784 pendaftar.

4. Ilmu Komunikasi diminati 1.571 pendaftar

5. Teknik Informatika diminati 1.549 pendaftar.

6. Ilmu Hukum diminati 1.518 pendaftar.

7. Gizi diminati 1.380 pendaftar.

8. Akuntansi diminati 1.313 pendaftar.

9. Bisnis Digital diminati 1.181 pendaftar.

10. Sistem Informasi diminati 1.105 pendaftar.

“Prodi dengan peminat terbanyak masih didominasi Psikologi, Manajemen, PGSD, Ilmu Komunikasi dan Teknik Informatika. Prodi ini bersaing baik di SNBP maupun SNBT,” pungkas Sukarmin.

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tips Lolos UTBK SNBT 2023 dari Dosen Unesa

Baca Juga  Pesan Dirjen Dikti Calon Mahasiswa Tetap Semangat karena Masih Ada Jalur Mandiri PTN dan PTS
Comments
Loading...