BPJS Ketenagakerjaan Beri Layanan Daring Selama Libur Idul Fitri 2023

Bagi peserta yang memerlukan informasi terkait layanan BPJS Ketenagakerjaan masih dapat dilakukan melalui website dan aplikasi JMO.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Namun, dalam momen tersebut, banyak pelayanan publik yang mengalami penutupan atau libur

JurnalGuru.Id — Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Raya Idul Fitri selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Namun, dalam momen tersebut, banyak pelayanan publik yang mengalami penutupan atau libur, termasuk diantaranya Kantor pusat maupun cabang BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

Dalam keterangan yang dirilis melalui postingan Instagram @bpjs.ketenagakerjaan, Kamis (20/4/2023), BPJS Ketenagakerjaan memberitahukan bahwa operasional seluruh kantor cabang akan diliburkan mulai tanggal 19-25 April 2023.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir karena BPJS Ketenagakerjaan masih menyediakan layanan daring atau online bagi peserta yang membutuhkan pelayanan.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Pelayanan tatap muka atau offline baru akan kembali beroperasi pada tanggal 26 April 2023. Peserta yang mengalami kendala akses siap kerja dapat melapor melalui halo.jkp.go.id atau contact center 175. Namun, bagi peserta yang memerlukan informasi terkait layanan BPJS Ketenagakerjaan masih dapat dilakukan melalui website dan aplikasi JMO.

Bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ingin melakukan klaim JHT atau Jaminan Hari Tua secara online, dapat dilakukan melalui dua platform, yaitu aplikasi JMO dan situs https://lapakasik.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Untuk penggunaan aplikasi JMO, saat ini hanya dikhususkan untuk klaim saldo JHT dengan maksimal Rp 10 juta dan sudah berstatus nonaktif di perusahaan tempat bekerja. Sedangkan untuk klaim saldo JHT di atas Rp 10 juta, peserta dapat mengakses website Lapak Asik.

Untuk melakukan klaim JHT secara online, peserta perlu mengisi data diri seperti KTP, Kartu Peserta (KPJ), nomor handphone, alamat domisili, alamat email aktif, nomor rekening, dan nama ibu kandung. Setelah mengisi data diri, beberapa dokumen kelengkapan harus disiapkan untuk diunggah, seperti KTP, Kartu Peserta (KPJ), dan surat keterangan kerja dari perusahaan.

Jika sudah melakukan pengisian data diri dan unggah dokumen kelengkapan yang dibutuhkan, peserta akan menerima notifikasi jadwal yang dikirimkan melalui alamat email yang telah terdaftar.

Selanjutnya, peserta hanya tinggal menunggu proses wawancara yang akan dilakukan oleh petugas verifikator BPJS Ketenagakerjaan secara video call ke masing-masing nomor peserta yang didaftarkan. Terakhir, apabila sudah terverifikasi seluruh kelengkapan, maka saldo JHT akan ditransfer ke rekening peserta.

Dalam momen libur Idul Fitri 2023 ini, BPJS Ketenagakerjaan memberikan kemudahan bagi peserta untuk tetap mendapatkan layanan melalui pelayanan daring atau online.

Comments
Loading...