Ini Dia 3 Tips Menjadi Guru yang Menyenangkan bagi Siswa

profesi guru masih terus dibutuhkan sampai kapanpun.

JurnalGuru.id – Salah satu profesi yang punya peran penting di dunia adalah guru. Melalui guru, ilmu dari dirinya bisa ditransfer ke murid atau siswanya.

Maka tak heran jika profesi guru masih terus dibutuhkan sampai kapanpun. Meski demikian, guru juga harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Selain itu, guru pada zaman sekarang bukan lagi yang mendominasi kelas dan semua pusat harus padanya. Guru berperan menjadi fasilitator yang menjalankan alur kegiatan di kelas agar berjalan lancar.

Jangan Lewatkan
1 of 527

Karena tugas fasilitator, bagaimana membuat suasana kelas menjadi nyaman, kondusif, dan siswa merasa tidak terancam?

Meski guru juga masih disegani, tetapi guru harus paham posisinya dan memperhatikan betul segala tindakannya. Ternyata ada kunci penting yang terkadang menjadi kekhilafan seorang guru, yaitu kepedulian.

Maka dari itu, guru harus peduli pada siswanya. Melansir laman Universitas Stekom, Rabu (1/2/2023), berikut tips menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa.

Tips menjadi guru yang menyenangkan

1. Ramah dan bersahabat

Tentunya, bersikap ramah dan bersahabat ini berlaku bagi semua orang, tidak hanya bagi guru. Kenyataannya ada oknum guru yang bersikap angkuh pada muridnya.

Seperti menjaga jarak atau sering disebut anak-anak sekarang dengan jaim atau jaga image. Jika bertemu di luar jam sekolah, seperti pura-pura tidak melihat, sehingga murid yang berniat menegur menjadi kecewa.

Menjadi wajar jika guru sulit mengingat nama murid, karena memang jumlahnya banyak. Tetapi guru biasanya akan mengingat wajah-wajah anak didiknya.

Baca Juga  Ini Tips dari Dirjen Dikti untuk Calon Mahasiswa agar Terhindar dari Kampus Nakal

Seringkali, jika ketemu di luar jam sekolah, murid yang menyapa guru harus memberitahukan kelas asalnya supaya sang guru dapat mengenalinya.

Maka dari itu, guru juga harus ramah dan bersahabat dengan siswanya. Agar ada hubungan baik sampai kapan pun.

2. Humoris

Siswa tidak suka dengan kondisi yang tegang dan kurang bersahabat di kelas. Dalam hal ini, humor bisa menjadi peran untuk memecah kebekuan di dalam kelas.

Humor yang dimaksud disini tidak hanya berlaku seperti jokes-jokes alam komedian. Namun hanya sekadar menertawakan diri sendiri ketika melakukan kesalahan.

Dengan begitu, suasana kelas tidak tegang dan membuat siswa semangat dalam menuntut ilmu di sekolah.

3. Guru harus lebih ramah

Adapun tips menjadi guru yang menyenangkan yang terakhir ialah guru perlu memastikan bahwa siswa bisa diterima dengan baik dan merasa nyaman di kelas.

Perlu belajar lebih baik untuk menghafal nama siswa, sebab mereka pun akan sangat senang mendengarnya.

Sikap ramah kepada setiap siswa akan mudah melakukan pendekatan dan menjalin hubungan yang positif antara guru dan siswa.

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “3 Tips Menjadi Guru yang Menyenangkan bagi Siswa

Comments
Loading...