Anda Anggota OSIS, Daftarkan di 2 PTN Ini hingga Juni 2023, Ini Persyaratannya

Melalui jalur ini, kamu bisa memilih jenjang kuliah yang diinginkan, mulai dari D3, D4, hingga S1.

Bagi kamu yang merupakan anggota atau bahkan ketua Organisasi Siswa Inti Sekolah (OSIS), kamu bisa mencoba mendaftar jalur mandiri di dua PTN yang masih membuka jalur ketua OSIS

JurnalGuru.Id — Bagi kamu yang merupakan anggota atau bahkan ketua Organisasi Siswa Inti Sekolah (OSIS), kamu bisa mencoba mendaftar jalur mandiri di dua PTN yang masih membuka jalur ketua OSIS, yaitu Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Jalur ketua OSIS ini dibuka untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Melalui jalur ini, kamu bisa memilih jenjang kuliah yang diinginkan, mulai dari D3, D4, hingga S1.

Dengan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, kamu diharapkan dapat meningkatkan kompetensi keilmuan selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Jangan Lewatkan
1 of 131

Untuk kamu yang berminat mendaftar jalur ketua OSIS di Unesa, jadwal pendaftaran sudah diumumkan akan dibuka pada 8 Juni 2023. Sementara itu, jalur ketua OSIS di UNS belum diumumkan kapan akan dibuka. Namun, berdasarkan jadwal tahun sebelumnya, pendaftaran dibuka pada bulan Mei.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu telah memeriksa persyaratan jalur ketua OSIS di Unesa dan UNS untuk tahun 2023. Dengan begitu, kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memastikan bahwa kamu memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar di jalur ini.

1. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Melalui Jalur Prestasi Kepemimpinan Muda, jalur ini ditujukan bagi peserta yang pernah menjadi ketua atau sekretaris OSIS.

Peserta hanya bisa memilih satu prodi yang diminati. Sehingga cek dulu jurusan mana yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Persyaratan umum
1. Warga negara Indonesia
2. Lulusan SMA/MA/SMK/Paket C atau yang sederajat tahun 2023 (dibuktikan dengan ijazah atau Surat Keterangan Lulus untuk lulusan tahun 2023)
3. Memiliki surat keputusan atau sertifikat pengurus OSIS pengurus inti (sebagai ketua, sekretaris, bendahara beserta wakilnya) dari kepala sekolah.

Jadwal pendaftaran

Pendaftaran SPMB Prestasi: 8-24 Juni 2023

Tes Tulis SPMB Prestasi: 26 Juni 2023

Tes Wawancara atau keterampilan SPMB Prestasi: 27 Juni 2023

Pengumuman SPMB Prestasi: 28 Juni 2023

2. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jalur ketua OSIS di Seleksi Mandiri UNS bernama Jalur Kepemimpinan Muda atau SMJKM. Jalur ini dibuka untuk jenjang Diploma (D3 dan S4) serta S1.

Tujuan jalur ini ialah menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang pernah menjadi Ketua OSIS dan Pramuka minimal satu periode.

SMJKM memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan meningkatkan kompetensi keilmuannya selama menempuh pendidikan di UNS.

Persyaratan umum

1. WNI

2. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat paling lama tiga tahun terakhir.

3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.

4. Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM).

5. Rapor mulai semester 1 sampai dengan 5, atau semester 1 sampai semester 7 bagi SMK 4 tahun, atau siswa akselerasi semester 1 sampai semester 4.

6. Pernah menjadi Ketua OSIS atau Ketua Umum Pramuka (Pradana/Pradani) selama menempuh pendidikan di SMA/MA atau yang sederajat yang dibuktikan dengan Surat keputusan dari Kepala Sekolah tentang susunan pengurus OSIS atau Surat Keputusan Dewan Ambalan tentang susunan pengurus Pramuka.

Jadwal pendaftaran jalur ketua OSIS milik UNS ini belum dibuka untuk tahun 2023.

Berdasarkan jadwal tahun 2022, pendaftaran dibuka pada bulan Mei. Sebagai persiapan, siswa bisa mengecek persyaratan untuk pendaftaran.

Sumber : kompas.com

Tautan

https://www.kompas.com/edu/read/2023/04/17/143000371/2-ptn-masih-buka-jalur-osis-hingga-juni-2023-segera-daftar?page=all#page2.

Comments
Loading...