SMP Masehi Kudus Gelar Karya Siswa Manfaatkan Barang Bekas

Gelar karya ini merupakan puncak dari proses pembelajaran kurikulum merdeka yang telah mereka jalani.

SMP Masehi Kabupaten Kudus baru saja menggelar gelar karya hasil pembelajaran yang unik. Gelar karya tersebut merupakan produk-produk yang dihasilkan oleh ratusan siswa

JurnalGuru.Id — SMP Masehi Kabupaten Kudus baru saja menggelar gelar karya hasil pembelajaran yang unik. Gelar karya tersebut merupakan produk-produk yang dihasilkan oleh ratusan siswa dengan menerapkan kurikulum merdeka.

Yang membuatnya unik adalah produk-produk tersebut dihasilkan dari memanfaatkan barang-barang tak bernilai (bekas) menjadi barang yang berguna.

Contohnya, siswa berhasil menyulap botol air mineral menjadi alat penyedot debu sederhana. Kepala SMP Masehi Kudus, Margareta Hani Pramono mengatakan, hasil karya yang dipamerkan merupakan produk dari siswa kelas VII, VIII, dan IX.

Jangan Lewatkan
1 of 61

Gelar karya ini merupakan puncak dari proses pembelajaran kurikulum merdeka yang telah mereka jalani.

Tema yang diusung pada gelar karya ini adalah Go Green. Masing-masing kelas diberi kebebasan untuk mengembangkan ide dan gagasan sesuai dengan tema yang berlaku.

Siswa kelas VII mengambil sub tema “bangunlah jiwa dan raga”, dengan cara mengedukasi generasi muda agar bisa menghindari bullying. Sedangkan kelas VIII dan IX memanfaatkan barang-barang bekas yang tidak ramah lingkungan menjadi produk yang bernilai dan bisa dimanfaatkan.

Pendidikan merdeka belajar hingga gelar karya ini bertujuan untuk mengedukasi pelajar agar lebih cinta pada lingkungan.

Pihak SMP Masehi juga menggandeng para pelaku UMKM agar bisa menyemarakkan gelar karya hingga tiga hari ke depan, sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 SMP Masehi yang digelar di aula dan lapangan sekolah.

Selain gelar karya, SMP Masehi juga mengadakan lomba-lomba dan workshop selama tiga hari. Seperti lomba mewarnai, menggambar, menyanyi, lomba cerdas cermat, workshop eco enzyme, workshop cinematography dan workshop ecocraft bank sampah.

Kepala SMP Masehi Kudus berharap, gelar karya ini dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan Kabupaten Kudus, utamanya di bidang pendidikan.

Baca Juga  Guru Fokus Tingkatkan Pelayanan bagi Peserta Didik dengan Kurikulum Merdeka

Harapannya masyarakat Kudus nantinya semakin cerdas, mempunyai jiwa yang berkarakter, serta beretika terhadap sesama. SMP Masehi Kudus patut diapresiasi karena mampu mengajarkan siswanya untuk lebih kreatif dan peduli pada lingkungan sekitar melalui kurikulum merdeka. (*)

Comments
Loading...