Simak 7 Jurusan Kuliah dengan Prospek Karier Cemerlang di Tahun 2025

Untuk menggapai karier impian, siswa dan calon mahasiswa bisa memilih jurusan kuliah yang dibutuhkan

JurnalGuru.id – Memiliki prospek karir yang cemerlang menjadi sebuah impian besar di masa depan, terutama bagi siswa maupun mahasiswa.

Untuk menggapai karier impian, siswa dan calon mahasiswa bisa memilih jurusan kuliah yang dibutuhkan oleh profesi impian maupun perusahaan incaran.

Berdasarkan prediksi melalui World Economic Forum Future of Jobs 2020 Report, ada potensi transisi pekerjaan di masa depan yaitu otomatisasi teknologi.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Memilih jurusan kuliah yang tepat, dapat membantu mempersiapkan transisi pekerjaan di masa depan tersebut melalui kurikulum yang lengkap sesuai dengan keterampilan dan keahlian yang sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Melansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara, berikut 7 pilihan jurusan kuliah dengan prospek karir cemerlang di era otomatisasi teknologi:

1. Jurusan Teknik Informatika

Pada jurusan ini, kurikulum pembelajarannya akan berfokus pada mengedepankan praktik dan studi lapangan sehingga dapat membantu calon mahasiswa untuk mengimplementasikan materinya tersebut.

Pada jurusan ini berkaitan dengan ilmu komputer dan rekayasa perangkat lunak, dalam jurusan ini juga nantinya kamu akan belajar banyak seputar algoritma, pemrograman, keamanan komputer, dan lainnya. Prospek sebagai lulusan jurusan Teknik Informatika ini sudah banyak lho, kamu bisa berprofesi sebagai web developer, IT Manager, game developer, atau sebagai praktisi data profesional.

2. Jurusan Sistem Informasi

Berbeda dengan jurusan Teknik Informatika, pada jurusan ini akan mempelajari dan mendalami cara membuat, mengembangkan, dan mengoperasikan perangkat lunak dan keras untuk bisa berinteraksi dengan data. Tidak hanya itu, dalam jurusan ini juga nantinya kamu akan belajar membuat dan mendesain sebuah aplikasi yang bisa memberikan dampak/nilai bagi bisnis perusahaan.

Baca Juga  WEF Prediksi Ada 10 Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Tahun 2025

3. Jurusan Ilmu Komunikasi

Studi ilmu komunikasi kini menjadi jurusan yang tak kalah penting, terutama memasuki era digital. Dalam jurusan ilmu komunikasi nantinya kamu akan mempelajari lebih dalam cara & gaya berkomunikasi dalam bisnis di industri secara profesional.

Selain itu juga, dalam studi ilmu komunikasi kini sudah ada istilah lain dalam pembelajarannya yaitu DIgital Marketing. Dimana, secara real case seorang digital marketer akan memasarkan produk & layanan mereka melalui informasi secara digital serta menggunakan data agar channel yang digunakan tepat sasaran.

4. Jurusan Desain

Jurusan desain menjadi jurusan yang nantinya akan sering dibutuhkan oleh industri untuk membantu merancang, mendesain, maupun membuat sebuah visual grafis yang bisa membantu bisnis. Pada jurusan desain mahasiswa akan belajar konsep komunikasi dan mengungkapkannya secara visual menggunakan elemen-elemen kreatif dengan tujuan tertentu.

5. Jurusan Cyber Security

Mengingat sudah semakin banyaknya tingkat kejahatan yang ada di ruang digital, maka jurusan cyber security ini menjadi jurusan yang sedang hangat dibicarakan di kalangan calon mahasiswa. Jika kamu gemar belajar tentang bidang Data Science dan penggunaan data di ruang digital, maka jurusan ini sangat tepat untukmu.

Tak perlu khawatir, karena job vacancy dari jurusan cyber security sudah banyak ditemukan seperti cyber security engineer, cyber security consultant, dan lainnya.

6. Jurusan Manajemen

Jurusan manajemen juga memberikan kesempatan besar untuk calon mahasiswa memiliki prospek karir yang cemerlang, karena melalui jurusan ini calon mahasiswa akan mendapatkan bekal manajemen organisasi atau manajemen suatu proyek yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan di industri.

Selain itu juga, di jurusan manajemen ini kamu bisa mengembangkan diri menjadi seorang entrepreneur.

7. Jurusan Marketing

Baca Juga  Ini 10 Jurusan yang Bakal Booming di Masa Depan, Bisa untuk Referensi SNBP-SNBT 2023

Lulusan dari jurusan marketing memiliki prospek kerja yang sangat luas, karena semua bisnis yang bekrembang akan membutuhkan seorang marketer yang membantu merencanakan hingga mempromosikan bisnis kepada pelanggan serta mempertahankan pelanggan.

Pada jurusan marketing ini, calon mahasiswa akan belajar studi pemasaran, komunikasi yang efektif dalam organisasi dan keterampilan analisis pemasaran lainnya.

Semester baru persiapan awal karir yang baru, tentukan pilihan jurusanmu dengan tepat untuk siap hadapi kebutuhan industri nyata! Mengingat di masa depan semua akan data-driven, maka dibutuhkannya keterampilan untuk bisa mengolah data dengan baik.

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “7 Jurusan Kuliah dengan Prospek Karier Cemerlang di Tahun 2025

Comments
Loading...