Unnes Raih Penghargaan Penyelenggaraan SAKIP Terbaik 2022 dari Mendikbud Ristek

Penyelenggaraan SAKIP Terbaik

Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil meraih peringkat kedua pada penghargaan Penyelenggaraan SAKIP Terbaik Tahun 2022 dari Mendikbud Ristek.

JurnaliGuru.Id — Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil meraih peringkat kedua pada penghargaan Penyelenggaraan SAKIP Terbaik Tahun 2022 dari Mendikbud Ristek.

Penghargaan ini diberikan atas kinerja anggaran, sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP), dan keterbukaan informasi publik terbaik pada perguruan tinggi negeri (PTN) dengan perolehan nilai 88,15%.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Dirjen Anggaran, Kementerian Keuangan, Isa Rachmatarwata yang disaksikan oleh Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim dan Sekjen Kemendikbudristek, Suharti, pada Kamis, 30 Maret 2023, di Gedung Kemendikbud Ristek di Jakarta.

Jangan Lewatkan
1 of 56

Dalam sambutannya, Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan hasil kerja keras seluruh unit dan satuan kerja yang telah memastikan program merdeka belajar sesuai dengan prinsip good governance.

Penilaian kinerja anggaran pada unit kerja dan satuan kerja dimaksudkan untuk mengukur aspek implementasi dan manfaat atas pelaksanaan anggaran dengan indikator kualitas proses pelaksanaan dan kualitas hasil pelaksanaan.

Rektor Unnes Prof. Dr. S Martono, M.Si., merasa bersyukur atas terpilihnya Unnes meraih peringkat kedua penyelenggaraan SAKIP tahun 2022 kategori PTN se-Indonesia.

Pihaknya menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan prestasi yang luar biasa, dan semua berkat kerja keras sivitas akademika Unnes. Unnes memiliki sistem keuangan yang berbasis IT, dan hal ini sangat membantu dalam menjaga kualitas pelaksanaan anggaran, optimalisasi kinerja, serta monitoring dan evaluasi berkelanjutan dengan mengutamakan pencapaian indikator kinerja utama.

Sebelumnya, pada tahun 2018 Unnes meraih peringkat pertama kategori satuan kerja terbaik, pada tahun 2020 Unnes meraih peringkat terbaik pertama nilai kinerja anggaran tahun anggaran 2020.

Baca Juga  Komisi X DPR RI Setujui Anggaran Kemendikbudristek Rp97.7 Triliun

Tahun 2021 Unnes menempati peringkat terbaik pertama atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan terbaik ketiga Kinerja Anggaran.

Prestasi Unnes dalam SAKIP ini menunjukkan komitmen Unnes dalam menjaga transparansi dan akuntabilitas keuangan, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pendidikan tinggi. Selamat kepada Unnes atas prestasinya yang luar biasa!

Comments
Loading...