Bangunan Sekolah di Bekasi Mulai Ditata, Halaman dan Pagar Pakai Standar

Pemkab siapkan anggaran sekitar Rp 17 miliar dari APBD.

Anggaran Rp 17 miliar ditujukan untuk pekerjaan di 57 sekolah, terdiri atas 23 sekolah tingkat SD dan 34 sekolah tingkat SMP.

JurnalGuru.Id — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menyiapkan pekerjaan peningkatan sarana prasarana sekolah tahun 2023 ini. Selain perbaikan ruang kelas, disiapkan juga pekerjaan penataan halaman dan pemagaran sekolah.

“Kegiatan peningkatan sarana prasarana dan utilitas sekolah tahun ini berupa penataan halaman hingga pemagaran sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bekasi,” kata Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro, akhir pekan lalu seperti dikutip Republika.Co.Id.

Untuk kebutuhan itu, menurut Benny, pemerintah daerah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 17 miliar dari APBD Kabupaten Bekasi 2023. Anggaran itu disebut ditujukan untuk pekerjaan di 57 sekolah, yang terdiri atas 23 sekolah tingkat SD dan 34 sekolah tingkat SMP.

Jangan Lewatkan
1 of 138

Benny mengatakan, perencanaan pekerjaan penataan halaman dan pemagaran sekolah itu sudah selesai. “Dalam waktu dekat akan dilelang. Semoga segera bisa dilakukan,” katanya.

Menurut Benny, penataan halaman dan pemagaran sekolah ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah daerah menghadirkan fasilitas yang memadai. Adanya pagar sekolah, misalnya, dinilai penting untuk memisahkan lingkungan sekolah dengan jalan raya, antara lain demi keselamatan para peserta didik.

“Jika sudah dibangun, dimohon agar bisa dirawat baik, terutama kebersihan dan keamanannya. Ini penting sekali,” kata Benny.

 

Perbaikan ruang kelas

Sebelumnya Benny menyampaikan soal rencana perbaikan ruang kelas di sekolah tingkat SD dan SMP pada tahun ini. Ia mengatakan, perbaikan ruang kelas ini termasuk program strategis daerah pada sektor infrastruktur pendidikan.

Baca Juga  Dinas Arsip dan Perpustakaan Selenggarakan Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan

Menurut Benny, tahun ini rencananya ada 257 ruangan di sekolah yang bakal dibenahi. “Untuk tahun ini, kita akan melakukan rehabilitasi sedang maupun berat di sejumlah sekolah, dengan perincian 171 ruang sekolah dasar dan 86 ruang kelas SMP,” kata dia.

Benny mengatakan, pada APBD Kabupaten Bekasi 2023 dialokasikan anggaran Rp 73.345.712.849 untuk perbaikan 171 ruang kelas di tingkat SD dan Rp 37.800.000.000 untuk perbaikan 86 ruang kelas di tingkat SMP.

Pihaknya akan memastikan pihak ketiga pemenang lelang proyek perbaikan ruang kelas itu melakukan pekerjaan sesuai spesifikasi yang telah ditentukan, serta bisa selesai tepat waktu.

“Saya optimistis progres pembangunan, khususnya sekolah, di Kabupaten Bekasi bisa lebih cepat dengan hasil yang juga sangat memuaskan, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan secara optimal,” katanya.

Sumber: Republika.Co.Id
Tautan:
https://rejabar.republika.co.id/berita/rsh6dj432/pemkab-bekasi-rencanakan-penataan-halaman-dan-pemagaran-sekolah

Comments
Loading...