Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur UTBK-SNBT UIN Walisongo Dibuka, Ini Persyaratannya

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur UTBK-SNBT

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur UTBK-SNBT UIN Walisongo: Membuka Peluang Masuk Perguruan Tinggi Melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer

JurnalGuru.Id – Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi pilihan bagi banyak siswa SMA/sederajat yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Namun, untuk dapat diterima di PTN, siswa harus mengikuti seleksi yang ketat.

Salah satu seleksi yang dapat diikuti adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) yang saat ini dibuka oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

UTBK-SNBT menjadi salah satu jalur seleksi masuk PTN yang cukup populer di Indonesia.

Jangan Lewatkan
1 of 61

Hal ini karena UTBK-SNBT memberikan kesempatan bagi siswa untuk dapat diterima di PTN meskipun tidak lolos seleksi nasional berbasis prestasi (SNBP) atau seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) pada tahun 2021 dan 2022.

Selain itu, UTBK-SNBT juga memberikan peluang bagi siswa yang memiliki kemampuan akademik yang baik namun tidak memiliki prestasi yang cukup untuk dapat diterima di PTN melalui SNBP atau SNMPTN.

Oleh karena itu, bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, UTBK-SNBT dapat menjadi alternatif jalur seleksi yang patut dipertimbangkan.

Namun, untuk dapat mengikuti UTBK-SNBT di UIN Walisongo Semarang, siswa harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Persyaratan tersebut antara lain

  1. Memiliki akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB),
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK),
  3. Peserta UTBK-SNBT tidak lulus di jalur SNBP atau SNMPTN pada tahun 2021 dan 2022
  4. Serta memiliki kesehatan yang memadai.

Setelah memenuhi persyaratan, siswa dapat melakukan pendaftaran UTBK-SNBT melalui situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran UTBK-SNBT dibuka pada tanggal 23 Maret sampai 14 April 2023.

Pelaksanaan tes gelombang I akan dilaksanakan pada tanggal 8 hingga 14 Mei 2023, sedangkan tes gelombang II akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 28 Mei 2023. Hasil SNBT akan diumumkan pada tanggal 20 Juni 2023.

Dalam pendaftaran UTBK-SNBT, siswa dapat memilih salah satu dari 12 program studi S1 yang ditawarkan oleh UIN Walisongo Semarang.

Program studi yang ditawarkan tersebut antara lain Ilmu Hukum, Manajemen, Sosiologi, Ilmu Politik, Gizi, Psikologi, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Teknologi Informasi, dan Teknik Lingkungan.

Siswa juga harus melakukan pembayaran biaya UTBK sesuai dengan nominal yang tertera pada situs.

Comments
Loading...