Ini Dia Peluang Belajar ke Inggris, British Council Buka GREAT Scholarships 2023

Pendaftaran GREAT Scholarships secara umum ditutup pada 30 Juni 2023.

Setiap calon penerima beasiswa akan mendapatkan dukungan biaya kuliah sebesar 10.000 pound selama satu tahun. Beasiswa ini identik dengan Rp 186 juta.

JurnalGuru.Id — British Council kembali menggelar kampanye Study UK melalui program GREAT Scholarships 2023 untuk tahun ajaran yang akan dimulai pada September 2023.

Kompas.Com melaporkan bahwa program ini merupakan salah satu bagian dari kampanye Study UK yang digagas Pemerintah Inggris untuk 14 negara, termasuk Indonesia.

Pelajar dari 14 negara ini berkesempatan melakukan studi pascasarjana di Inggris tahun ajaran 2023/2024.

Jangan Lewatkan
1 of 199

Sebagai informasi, British Council telah bermitra dengan 13 universitas yang berada di Inggris untuk menjalankan program tersebut.

Setiap calon penerima beasiswa akan mendapatkan dukungan biaya kuliah sebesar 10.000 pound selama satu tahun.

Dengan kurs 1 pound Inggris = Rp 18.617, angka 10.000 pound identik dengan Rp 186.178.500 atau Rp 186 juta.
Khusus Indonesia, GREAT Scholarships 2023 membuka 3 jurusan yang dapat dipilih.

Ketiga jurusannya yaitu Core sebanyak 10 slot, Justice and Law sebanyak 2 slot, dan satu slot untuk Climate Change.

“British Council mendukung anak muda Indonesia untuk melanjutkan studi mereka di luar negeri. Inggris, secara konsisten, telah menjadi salah satu tujuan studi terbaik bagi mahasiswa Indonesia,” kata Direktur British Council Indonesia untuk Klaster Asia Tenggara Summer Xia melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Summer mengarahkan, GREAT Scholarships 2023 akan menjadi momen yang baik untuk mahasiswa bertukar ide, berbagi praktik terbaik, dan menunjukkan keahlian mereka di panggung global.

Selain itu, program ini sebagai bukti bahwa pemerintah Inggris menyambut mahasiswa internasional terbaik untuk studi di negaranya.

Baca Juga  Mahasiswa IPK Kecil di Bawah 3.00 Masih Bisa Raih 6 Beasiswa Luar Negeri, Ini Caranya

“Kami berharap, peluncuran GREAT Scholarships 2023 akan memungkinkan lebih banyak mahasiswa Indonesia mendapatkan manfaat dari pendidikan tinggi dari salah satu negara terbaik di dunia. Kami dengan senang hati menyambut mahasiswa Indonesia agar dapat terhubung, belajar, dan berbagi serta menjadi anggota baru jejaring global dari ‘Alumni UK’ kami,” ujar Summer.

Studi ke Inggris GREAT Scholarships 2023 dibuka untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan strata-1 dan ingin melanjutkan ke program pascasarjana di Inggris.

Ada 14 universitas di wilayah Inggris yang dapat dipilih sbb:

  • University College London
  • Cardiff University
  • University of Nottingham
  • Lancaster University
  • Ulster University
  • Sheffield Hallam University
  • University of Hull
  • University of Plymouth
  • University of Stirling
  • University of St Andrews
  • Imperial College London
  • Teesside University
  • University Goldsmiths
  • University of London

Soal persyaratan, setiap universitas memiliki klasifikasinya masing-masing. Tentu, syarat utamanya adalah mampu berbahasa Inggris dengan baik dan lancar.

Selain itu, syarat akademik juga menjadi pertimbangan tersendiri oleh pihak universitas.

Syarat lainnya, beberapa universitas juga meminta calon mahasiswa membuat esai yang terdiri atas 500 kata sesuai dengan topik dari jurusan yang ditempuh sebelumnya.

Selanjutnya, calon mahasiswa pun harus melalui proses seleksi dan wawancara yang dikelola oleh universitas yang dituju.

Setiap universitas memiliki batas waktu seleksi yang berbeda-beda. Calon mahasiswa dapat mengecek informasi hasil seleksi melalui situs universitas masing-masing.

Namun, GREAT Scholarships secara umum akan ditutup pada 30 Juni 2023.

Selama mengikuti GREAT Scholarships, calon mahasiswa akan menjalankan perkuliahan dan tutorial serta terlibat aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Mahasiswa juga diminta untuk menghadiri acara networking dengan penerima beasiswa lain.

Beasiswa ini juga dapat diikuti oleh mahasiswa yang sedang melakukan studi di Inggris jika memenuhi persyaratan kelayakan yang berlaku. Informasi lebih lanjut mengenai GREAT Scholarships, cara mendaftar, dan persyaratan lainnya dapat diakses melalui tautan GREAT Scholarships: https://study-uk.britishcouncil.org/scholarships-funding/great-scholarships/indonesia.

Sumber: Kompas.Com
Tautan:
https://biz.kompas.com/read/2023/03/22/180656328/kejar-mimpi-studi-ke-inggris-british-council-buka-great-scholarships-2023?campaign=british_council&medium=headline&source=edukasi_skola_desktop_mobile

Comments
Loading...