Guru Honorer Bingung dan Sedih Penempatan Sebagai PPPK Guru Dibatalkan Tanpa Pemberitahuan

Total pembatalan penempatan pada seleksi PPPK guru 2022 mencapai 3.043 orang.

Yang bikin nelangsa, peserta tidak dikasih tahu apa pun tentang penyebabnya dibatalkannya penempatan mereka. Misalnya, di akun yang bersangkutan ditulis sebab musababnya.

JurnalGuru.Id — Keputusan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membatalkan penempatan 3.043 P1 masih menimbulkan duka guru honorer lulus passing grade (PG).

Awalnya mereka ditempatkan di formasi PPPK (Pegawan Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) oleh Kemendikbudristek. Tiba-tiba tidak ada angin dan badai, terbit pengumuman pembatalan penempatan 3.043 pada seleksi PPPK guru 2022.

“Saya buka pengumuman Kemendikbudristek langsung kaget, karena ada tiga rekan saya masuk dalam daftar tersebut,” kata Ketua Forum Guru Lulus Passing Grade Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Kabupaten Kebumen Musbihin kepada JPNN.com, Selasa (7/3).

Jangan Lewatkan
1 of 540

Sebagai ketua forum, Musbihin juga mengaku syok. Sebab, sesuai pertemuan dengan Bupati Kebumen, P1 diakomodasi dalam PPPK Guru 2022.

Dia mengungkapkan bagaimana kesedihan tiga guru P1 yang mengabdi di SMP negeri ini. Mereka bingung kok tidak dapat penempatan, padahal sebelumnya sudah diumumkan masuk dalam penempatan.

“Ini yang membingungkan. Katanya tambah 2.100, kok malah dibatalkan 3.043 P1 ya. Kasihan ini tiga teman P1 negeri non-induk,” terangnya.

Untuk mencari tahu penyebab batalnya penempatan tiga guru P1 tersebut, Musbihin dan sejumlah pengurus mendampingi ke Dinas Pendidikan.

Menurut Musbihin seandainya 3.043 yang dibatalkan itu diberikan informasi penyebab hingga yang bersangkutan gagal diangkat PPPK tahun ini melalui akun masing-masing, tentu tidak senelangsa ini.

Yang bikin nelangsa, ujar Musbihin, peserta tidak dikasih tahu apa pun tentang penyebabnya dibatalkan penempatan mereka. Misalnya, di akun yang bersangkutan ditulis sebab musababnya.

Dia yakin kalau diinformasikan lewat akun masing-masing, meski berat mereka akan tetap bisa menerima.

Baca Juga  Pekan Kebudayaan Daerah Memberikan Energi Positif untuk Pelestarian Tradisi

“Yang terjadi malah langsung diumumkan dibatalkan. Kata teman-teman, sakitnya tuh di sini wong sudah dapat penempatan kok dibatalkan,” cetusnya.

Dia berharap P1 yang gagal diangkat PPPK tahun ini bisa kuat menerima beban sosial. Sebab, sudah terlanjur disebut calon ASN PPPK, ternyata malah ambyar.

Sumber: JPNN.Com
Tautan:
https://www.jpnn.com/news/banyak-p1-bingung-penempatan-pppk-guru-dibatalkan-optimalisasi-2100-bagaimana?page=2

Comments
Loading...