Yuk Dicoba, Ini 5 Tips agar Semangat Kuliah

ketika mahasiswa usai libur semester juga akan merasa malas untuk kembali ke bangku kuliah.

JurnalGuru.id – Terkadang, seorang mahasiswa akan malas untuk pergi ke kampus. Apalagi jika ada jadwal kuliah pagi hari. Belum lagi saat hujan.

Atau ketika mahasiswa usai libur semester juga akan merasa malas untuk kembali ke bangku kuliah. Maka dari itu dibutuhkan tips agar semangat kuliah.

Sebab, menuntut ilmu di pendidikan tinggi berbeda dengan waktu sekolah. Semua harus diatur sendiri oleh mahasiswa termasuk jadwal kuliahnya.

Jangan Lewatkan
1 of 61

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Senin (27/2/2023), ada beberapa tips agar semangat kuliah bagi para mahasiswa.

Tips agar semangat kuliah

1. Tugas tertunda diselesaikan

Jika kamu sedang masuk ke semester baru, maka alangkah lebih baik jika kamu menyelesaikan tugas dan kewajiban yang tertunda dulu.

Tentu, hal ini akan membuat kita lebih bersemangat ketika menjalani semester baru. Jadi kalau tidak ada tugas, maka bisa membuat semangat kuliah.

2. Tidur malam lebih awal

Jika kamu sebelumnya biasa begadang, maka mulai saat ini karena sudah mulai kuliah semester baru, tidur malam harus lebih awal.

Tidur diawal waktu dan 8 jam sehari membuat kita lebih segar saat bangun pagi harinya.

3. Ikut hal-hal positif

Saat pertama memasuki semester baru, ada baiknya kita mulai rencanakan hal-hal baru yang bisa kita ikuti di semester baru.

Misalnya sebelumnya kita tidak mengikuti satupun unit kegiatan mahasiswa, kita bisa mulai mendaftar unit kegiatan mahasiswa olahraga seperti futsal ataupun mendaftar ke unit kegiatan mahasiswa kesenian dan Fotografi.

Baca Juga  Mahasiswa Wajib Tahu 7 Digital Skill Ini Dibutuhkan di Masa Depan

Jadi, mulai aktif mengikuti berbagai kegiatan himpunan mahasiswa juga bisa. Ajak temanmu agar lebih bersemangat saat mengikuti kegiatan itu.

4. Kunjungi tempat-tempat baru

Pergi ke cafe baru, mengunjungi toko buku bekas, menonton bioskop dengan teman-teman kampus sesuai jam kuliah adalah beberapa hal yang boleh sesekali kita lakukan.

Tentu hal ini untuk merefresh pikiran dan membuat kita bersemangat memasuki kuliah disemester baru.

5. Membuat daftar target yang ingin dicapai

Jika sebelumnya kamu jarang ikut kegiatan kampus, seminar atau malah IPK kamu tidak sesuai target, maka mulai sekarang harus berubah.

Coba buat daftar yang ingin kamu capai di semester baru ini. Harapannya nanti akan ada peningkatan kualitas dalam diri kamu.

Jadi, itu 5 tips agar semangat kuliah yang bisa dicoba oleh mahasiswa pada semester baru.

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “5 Tips agar Semangat Kuliah, Yuk Dicoba

Comments
Loading...