Manfaatkan LMS Dalam Menjaring Minat dan Bakat Anak Didik Menjadi Prestasi

sejak adanya LMS tugas tugas siswa bisa lebih mudah terorganisir

JurnalGuru.id – Salah satu kendala yang dialami para guru adalah menemukan minat dan bakat dalam menunjang prestasi anak didik baik di dalam maupun di luar sekolah.

Namun tidak demikian sejak adanya Learning Management System (LMS) yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Marsudirini.

Ya sekolah yang terletak di Bojong Rawalumbu, Kota Bekasi telah menerapkan aplikasi LMS dalam beberapa tahun terakhir.

Jangan Lewatkan
1 of 128

“Awalnya kebutuhan karena pandemi supaya kelas tetap berlangsung meski siswa siswi harus belajar di rumah. Setelah tidak pandemi program ini dimanfaatkan supaya tugas tugas siswa bisa lebih mudah terorganisir,” Kata Wakil Kepala Sekolah SMA Marsudirini, CB Han Christian, S.Pd saat ditemui JurnalGuru.id, Rabu (15/2/2023).

Selain itu, lanjutnya komunikasi antara para murid dan bisa dapat terjalin dengan muda. Dengan adanya aplikasi LMS, sekolah menurutnya menjadi lebih ramah lingkungan.

“Ya, karena sejak LMS diterapkan penggunaan kertas menjadi berkurang sehingga menjadi lebih ramah lingkungan,” tegasnya.

LMS sendiri merupakan sebuah aplikasi berbayar yang sejatinya sudah dimiliki SMA Marsudirini sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia pada awal tahun 2019 lalu.

Namun penggunaannya baru-baru benar diterapkan ketika pandemi Covid-19 melanda Indonesia yang mewajibkan pihak sekolah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring.

Setelah pemerintah mulai mengizinkan proses belajar mengajar tatap muka LMS tetap diterapkan oleh pihak sekolah untuk memudahkan para pengajar dalam mendokumentasikan tugas-tugas yang dikerjakan oleh para anak didik.

“Tugas-tugas dari para murid kini menjadi lebih teratur. Selain itu kita jadi lebih mudah menemukan minat serta bakat yang dimiliki para murid untuk terus ditingkatkan hingga mereka berprestasi,” beber Wakil Kepala Sekolah yang membawahi bidang Kurikulum tersebut.

Baca Juga  Dengan Prestasi, Rachel Jadi Contoh di SMA Marsudirini

Dengan adanya LMS ini, minat serta bakat yang dimiliki para murid lebih mudah tersalurkan.

Salah satunya bakat yang dimiliki siswi kelas XI, Rachel Olivia Benedict Hutauruk yang telah membuktikan potensinya dalam bidang menyanyi di Indonesian Idol.

Sementara di bidang akademis sebelumnya sudah ada Alexander Eko Nugroho juara olimpiade Fisika mewakili Jawa barat di tingkat Nasional. (jun)

Comments
Loading...