Sukses, SMAN 1 Padalarang Simulasi Penanganan Bencana

kegiatan tersebut merupakan salah satu program tetap sekolah untuk mewujudkan sekolah tanggap bencana.

JurnalGuru.id — Siswa SMAN 1 Padalarang langsung berlindung di bawah meja usai mendengar sirine. Tak lama, sirine kedua terdengar.

Kali ini, para siswa berlari untuk mengevakuasi diri menuju titik kumpul sambil menutupi kepala dengan tangan ataupun tasnya.

Tapi tenang, ini semua adalah simulasi tanggap bencana yang dilakukan oleh para siswa.

Jangan Lewatkan
1 of 131

Kegiatan ini diinisiasi oleh SMAN 1 Padalarang yang berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Rabu (15/2/2023).

Kepala SMAN 1 Padalarang, Lina mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu program tetap sekolah untuk mewujudkan sekolah tanggap bencana. Sebab, secara strategis, Kabupaten Bandung Barat termasuk daerah rawan bencana. .

“Padalarang merupakan pertemuan dua sesar (sesar Lembang dan sesar Cimandiri), juga gunung di sekitaran Bandung pun masih ada yang aktif,” tuturnya.

Lina pun berharap kegiatan ini bisa memberi pemahaman tanggap bencana kepada seluruh warga sekolah dan menyebarkan pengetahuan tersebut kepada keluarga dan lingkungan sekitarnya.

“Simulasi tanggap bencana ini untuk menciptakan suasana sekolah yang aman, nyaman, dan menyenangkan dengan memanfaatkan ruang terbuka dalam proses pembelajaran,” ungkapnya.

Salah seorang siswa, @nzwgrc_ mengaku mendapatkan pelajaran baru seputar langkah-langkah tanggap bencana. Sebab, materi tersebut tak ia dapatkan dalam pembelajaran secara umum.

“Ayo, jadi siswa tanggap bencana karena ini penting untuk kita nanti!” seru siswa kelas XII IPS 3 ini.

Oh iya, sebelum kegiatan dimulai, para siswa mengikuti “Gasibu” (Gerakan Senam Hari Rabu) supaya sehat dan kuat.

Baca Juga  Observatorium Bosscha Riwayatmu Kini

(Sumber: Instagram @disdikjabar)

Comments
Loading...