WEF Prediksi Ada 10 Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Tahun 2025

pada tahun 2025 mendatang, ada beberapa profesi atau pekerjaan yang paling dibutuhkan.

JurnalGuru.id — Prospek kerja suatu jurusan kuliah juga jadi pertimbangan calon mahasiswa saat memilih jurusan untuk melanjutkan pendidikan.

Tentunya calon mahasiswa ingin setelah lulus bisa langsung bekerja sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

Tahukah kamu bahwa pada tahun 2025 mendatang, ada beberapa profesi atau pekerjaan yang paling dibutuhkan.

Jangan Lewatkan
1 of 540

Ada 10 pekerjaan paling dibutuhkan pada tahun 2025 sesuai laporan dari World Economic Forum (WEF).

10 pekerjaan paling dicari tahun 2025

WEF melaporkan prediksi 10 pekerjaan paling dicari di seluruh dunia pada tahun 2025 mendatang.

Sejak 2016, WEF telah menganalisis pekerjaan potensial masa depan yang paling banyak dicari.

WEF merupakan lembaga penelitian dunia yang setiap tahun mempublikasikan hasil kajian perkembangan ekonomi global. Termasuk ketenagakerjaan dan sektor pendidikan.

Melansir dari laman Universitas Medan Area (UMA), Senin (13/2/2023) berikut 10 pekerjaan yang paling dicari di tahun 2025 menurut WEF:

1. Data Analysts and Data Scientist

Data analyst atau analisis data bertugas mengolah data dan menyajikan data yang tersedia. Sedangkan data scientist atau ahli data bertugas mencari cara untuk mendapatkan data. Data tersebut kemudian dianalisis untuk digunakan oleh analis.

2. Artificial Intelligence (AI) and Machine Learning Specialist

Profesi ini bertugas memprogram mesin atau komputer yang dapat melakukan pekerjaan dan belajar seperti manusia. Bahkan lebih baik dari hasil kerja manusia. Program ini sering disebut dengan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Di masa yang akan datang, tentu makin banyak perusahaan teknologi mencari ahli ini untuk mengatur sistem agar program dapat berjalan sesuai standar. Siswa maupun mahasiswa yang tertarik dengan teknologi bisa terjun ke dunia AI tentunya dengan mempersiapkan diri dengan skill yang dibutuhkan mulai dari sekarang.

Baca Juga  Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 4 Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan PT Wijaya Karya

3. Big Data Specialist

Pekerjaan lain yang paling dicari di tahun 2025 menurut WEF adalah spesialis data besar. Profesi ini punya tugas untuk memproses volume data yang sangat besar, yang tumbuh secara eksponensial dari waktu ke waktu.

Big data specialist harus bekerja sama dengan data analysts, data scientists, sampai database administrator. Tugas utamanya menerjemahkan algoritma komputer ke dalam prototipe.

4. Digital Marketing and Strategy Specialist

Menurut WEF, spesialis pemasaran dan strategi digital adalah salah satu pekerjaan yang paling dicari di tahun 2025 mendatang. Tugas spesialis ini adalah mengembangkan dan menjalankan strategi penjualan digital.

5. Process Automation Specialist

Pekerjaan lain yang dibutuhkan tahun 2025 adalah seorang spesialis otomasi proses atau process automation specialist. Profesi ini bertugas membangun teknologi untuk menjalankan pekerjaan berulang secara otomatis sehingga dapat menggantikan pekerjaan manual.

6. Business Development Professionals

Pengembangan Bisnis adalah proses identifikasi jangka panjang untuk meningkatkan nilai perusahaan melalui pengembangan hubungan, pemasaran, dan pelanggan. Profesi ini punya misi untuk mencari strategi agar bisnis perusahaan dapat terus berkembang dalam jangka panjang.

7. Digital Transformation Specialist

Spesialis transformasi digital atau spesialis transformasi digital adalah profesi yang bertugas menerapkan teknologi saat ini dan masa depan untuk membuat perusahaan lebih maju dan kompetitif. Pekerjaan ini akan menjadi salah satu profesi yang paling dicari di tahun 2025, menurut WEF.

8. Information Security Analyst

Analis keamanan informasi atau information security analyst adalah pekerjaan dimana seseorang memiliki tugas untuk memantau dan melindungi data dan informasi penting perusahaan. Analis keamanan informasi menggunakan perangkat lunak seperti firewall dan program enkripsi data tunggal.

9. Software and Application Developer

Software and application developer merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2025. Profesi ini bertugas mengembangkan software dan aplikasi.

Baca Juga  Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 15 Skill Paling Dibutuhkan Era Digital hingga 2027

Orang yang punya skill ini banyak dicari karena di masa depan penggunaan gadget akan semakin dibutuhkan. Sehingga dibutuhkan pengembang software dan aplikasi untuk mengimbangi teknologi hardware yang semakin maju.

10. Internet of Things Specialist

Saat ini internet sudah mengalami kemajuan pesat. Namun di masa yang akan datang, keberadaan internet tetap akan mengalami kemajuan.

Dengan kemajian ini, dibutuhkan keahlian dalam merancang dan membuat peralatan yang terhubung dan beroperasi dengan jaringan internet. Internet of things specialist atau ahli internet hal adalah pekerjaan yang bergerak di bidang ini.

Demikian 10 pekerjaan yang paling dibutuhkan tahun 2025. Informasi ini bisa menjadi wawasan tambahan bagi generasi muda, baik siswa maupun mahasiswa untuk menentukan jurusan kuliah di perguruan tinggi.

(Sumber: Kompas.com)

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul “Intip 10 Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Tahun 2025

Comments
Loading...